POPULAR STORIES

5 Perbedaan Mencolok Lamborghini Revuelto Dan Aventador Ultimae, Lebih Baik Mana?

5 Perbedaan Mencolok Lamborghini Revuelto dan Aventador Ultimae, Lebih Baik Mana? Foto : Lamborghini.

KabarOto.com - Lamborghini Revuelto baru saja dirilis oleh Lamborghini sebagai pengganti Aventador. Seri paling terakhir dari supercar eksotis itu sendiri adalah Aventador Ultimae. Namun apakah Revuelto lebih baik dari Aventador Ultimae? Yuk kita simak.

Sasis dan aerodinamis

Sasis monokok Revuelto lebih baik dari Ultimae karena terbuat dari karbon, bukan alumunium seperti sebelumnya. Bahan ini diklaim lebih ringan 10%, lebih kaku, dan aerodinamis 33% di depan dan 74% di bagian belakang.

Lalu untuk handling, Revuelto punya anti roll bar lebih kaku sekitar 11% dibanding Ultimae untuk bagian depan, dan 50% di bagian belakang. Sehingga membuat mobil ini lebih stabil saat bermanuver.

Baca Juga : Lamborghini Revuelto Penerus Aventador Dengan Tenaga 1.000 Dk

Praktis

Akses sebuah supercar memang terkenal sulit, apalagi digunakan oleh orang yang berpostur tinggi. Namun desain atap menonjol Revuelto dapat memaksimalkan bagian ruang kepala ekstra 26 mm, dibarengi ruang kaki 84 mm lebih lega daripada Aventador.

Selain itu disediakan juga ruang penyimpanan tertutup di bagian tengah, dan tersedia cup holder sehingga lebih ramah jika ingin menggunakannya dalam waktu lama. Begitu juga ruang di baris kedua yang sedikit lebih besar, sehingga membawa tas atau koper lebih besar bisa lebih praktis.

Tenaga mesin

Tidak bisa dipungkiri lagi Lamborghini pun mulai beralih ke energi baru, mesin V12 berkapasitas 6.500 cc kini dikombinasi dengan tiga motor listrik. Hasilnya pun sangat positif, tenaganya menyentuh 1.001 dk dan torsinya 725 Nm. Tenaga disambung ke transmisi kopling ganda delapan percepatan, dengan akselerasi 0-100 kpj dalam 2,5 detik. Untuk kecepatan maksimal diklaim mencapai 350 kpj.

Sementara Aventador Ultimae dengan mesin V12, Naturally Aspirated, 6.500 cc mempunyai ke;uaran tenagan 780 dk dan torsi 720 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke penggerak AWD melalui transmisi kopling ganda 7 percepatan. Klaimnya, Ultimae dapat berakselerasi 0-100 kpj dalam 2,8 detik.

Baca Juga : Lamborghini Aventador Ultimae Coupe Terakhir Sudah Laku Dilelang

Infotainment dan konektivitas

Revuelto juga tampak lebih canggih dan futuristik, ada layar spidometer sebesar 12,3 inci. Sementara di bagian tengah layar berbentuk vertikal 8,4 inci sebagai media, dan layar penumpang baru ukuran 9,1 inci demi memberikan sensasi sebagai co-pilot.

Lalu ada koneksi Amazon Alexa sehingga bisa mengatur AC, media, dan navigasi melalui perintah suara. Diklaim juga sistem navigasi lebih cepat, serta menampilkan kondisi lalu lintas dengan akurat pada saat itu juga, kondisi cuaca, bahkan bisa menginformasikan tempat parkir, SPBU, lokasi pengisian daya listrik, dan sebagainya.

Lebih aman

Revuelto juga diklaim jauh lebih aman dengan fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) dilengkapi juga seperti Auto Adaptive low beam with cornering function, Adaptive Cruise Control (ACC), Active Lane Departure Warning (ALDW), Lane Change Warning (LCW), hingga Rear Cross Traffic Alert (RCTA) sudah disematkan di mobil ini.

Tidak sampai di sana, Lamborghini Connect, sistem pelacakan yang memungkinkan pemilik memantau tingkat bahan bakar, pengisian baterai, jangkauan listrik, dan lokasi tepat di mana mobil diparkir. Selain itu, aplikasi Unica memungkinkan seseorang untuk mengunci, atau membuka pintu, membunyikan klakson, atau mengaktifkan lampu, beberapa di antaranya dapat dilakukan melalui Apple Watch dari jarak jauh.

Serta karena PHEV, Revuelto lebih aman bagi lingkungan, menjanjikan pengurangan emisi CO2 sebesar 30%.