POPULAR STORIES

5 Poin Penting Rawat Motor Injeksi

5 Poin Penting Rawat Motor Injeksi

KabarOto.com - Teknologi injeksi sudah banyak digunakan di sepeda motor saat ini. Agar komponen dalam sistem injeksi awet atau tahan lama, Sobat KabarOto perlu memerhatikan perawatannya.

”Teknologi injeksi yang digunakan di sepeda motor, membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen supaya kondisinya tetap bagus,” ungkap Muslian selaku Manager Service Main Dealer PT Thamrin Brothers.

Berikut tips perawatan injeksi di sepeda motor :

1.Injektor & throttle body

Setiap 10.000 km dan kelipatannya wajib dilakukan perawatan. Pembersihan injektor berdampak menjaga performa selalu berada pada kondisi terbaik.

Baca Juga: Mudah, Ini Panduan Cara Deteksi Masalah Pada Mesin Injeksi

Tujuannya injektor terbebas dari kotoran-kotoran yang bisa mengganggu performa motor secara keseluruhan. Hal ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi dengan menggunakan injector cleaner.

2.Tangki bahan bakar

Pada periode servis tertentu dilakukan pengurasan tangki karena dikhawatirkan terdapat kandungan air dan debu atau kotoran yang membahayakan mesin.

3.Fuel pump dan filter

Pengecekan dan pembersihan filter dan pompa bahan bakar dilakukan agar bahan bakar terbebas dari partikel-partikel asing yang menyebabkan performanya menurun.

4.Tekanan pompa bahan bakar

Pengecekan tekanan bertujuan agar bahan bakar keluar secara normal, tidak kelebihan tekanan atau pun kekurangan. Jika tekanan pada pompa bahan bakar di bawah standar yang sudah ditetapkan, maka hal ini bisa menyebabkan bahan bakar yang dibutuhkan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin, yang berakibat performa menurun.

5.Saringan udara

Karena udara yang masuk ke mesin pastinya butuh penyaringan. Di throttle body terdapat alat sensor di dalamnya. Apabila terdapat udara yang tidak bersih maka akan ada penyumbatan di sensor tersebut atau pembacaan sensor bermasalah. Akibatnya akan memengaruhi kinerja dari sistem injeksi / sepeda motor.

Baca Juga: Apa Maksud Kompresi, Injeksi, Konfigurasi Dan Induksi Pada Mesin? Ini Penjelasannya

Untuk perawatan filter udara sebenarnya sangat mudah, lokasinya pun tidak terlalu sulit dijangkau, dapat dibuka menggunakan obeng. Dan jika kotor bisa dibersihkan menggunakan kuas atau penyemprot udara. Atau konsumen dapat langsung datang ke bengkel resmi jika cukup sulit untuk dibuka secara mandiri.