Apa Maksud Kompresi, Injeksi, Konfigurasi Dan Induksi Pada Mesin? Ini Penjelasannya

Apa Maksud Kompresi, Injeksi, Konfigurasi dan Induksi pada Mesin? Ini Penjelasannya Seluk Beluk Istilah Pada Mesin (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Banyak sekali seluk beluk tentang mesin yang mungkin sebagian dari kita belum mengetahuinya, berikut kita bahas istilah dan artinya dalam penjabaran yang umum, sebut saja rasio kompresi, injeksi konfigurasi ataupun induksi pada mesin. Berikut penjelasannya.

Rasio Kompresi

Seringkali kita melihat angka seperti 10:1, 11:1, dan lain-lain pada brosur. Nah, maksud dari angka tersebut adalah nilai yang mewakili rasio volume ruang pembakaran dari kapasitas terbesar ke kapasitas terkecil.

Rasio yang dimaksud adalah rasio antara volume silinder dan ruang bakar ketika piston berada di titik mati bawah dan volume ruang bakar saat piston berada di titik mati atas.

Misalnya, silinder dan ruang bakar dengan piston di bawah berisi 1000. Ketika piston telah pindah ke atas silinder, dan volume tersisa dalam kepala atau ruang bakar menjadi 100 cc, maka rasio kompresi akan proporsional digambarkan sebagai 1000: 100, maka dapat disimpulkan dengan pecahan pengurangan, yakni rasio kompresi 10:1.

“Memang semakin besar kompresi maka mesin semakin responsif, namun yang perlu diingat mesin juga akan semakin mudah panas, karena peningkatan suhu secara signifikan yang terjadi dalam ruang bakar,” ujar Regi Fiandisa, salah satu punggawa AHT Garage di bilangan BSD, Tangsel.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Kompresi Motor Lemah dan Penyebabnya