POPULAR STORIES

6 APM Tampilkan Mobil Konsep Masa Depan Di GIIAS 2016

6 APM Tampilkan Mobil Konsep Masa Depan di GIIAS 2016 Jumlah mobil ini termasuk di dalamnya sejumlah mobil konsep yang ditampilkan pertama kali oleh APM di pasar Indonesia. (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi)

Lebih dari 300 unit mobil dipamerkan pada perhelatan akbar GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 21 Agustus 2016. Ada yang menarik pada pameran ini, yakni, 6 Agen Pemegang Merek (APM) menampilkan mobil masa depan. Seperti apakah mobil masa depan yang ditonjolkan oleh 6 APM tersebut di GIIAS 2016?

Jumlah ini merupakan jumlah total yang di display baik oleh Agen Pemegang Merek (APM) maupun mobil yang di display oleh peserta pameran industri pendukung lainnya. Jumlah mobil ini termasuk di dalamnya sejumlah mobil konsep yang ditampilkan pertama kali oleh APM di pasar Indonesia.

Beberapa APM yang mengusung mobil konsepnya, antara lain, PT Astra Daihatsu Motor, PT Honda Prospect Motor, PT Krama Yuda Tiga Berlian Motor, PT Nissan Motor Indonesia, PT Toyota Astra Motor dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Bagaimanakah ke-6 APM tersebut mempersembahkan kendaraan-kendaraan masa depannya?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM)
PT Astra Daihatsu Motor, pada ajang GIIAS 2016 ini menampilkan total 16 unit mobil display dan menghadirkan 3 mobil konsep yang terdiri dari, Daihatsu Tempo, yang merupakan mobil komersial dengan fungsi maksimal. Daihatsu Hinata, mobil mini dengan pengaturan tempat duduk dan Daihatsu Cast Activa, yang merupakan mobil mini sporty crossover.

Shigeharu Toda, Direktur Daihatsu Motor Company, Jepang, menyampaikan bahwa Daihatsu akan menjadi pemain global yang stabil dan kuat di segmen mobil kompak, termasuk di Indonesia.

PT Honda Prospect Motor (HPM)
PT HPM memilih Indonesia sebagai tempat penampilan perdana untuk dua kendaraan konsepnya yaitu Honda Clarity Fuel Cell dan Honda Civic Hatchback Turbo Prototype melalui ajang pameran GIIAS 2016.

Honda Clarity Fuel Cell merupakan model berbasis sedan 5 penumpang pertama di dunia berbahan bakar hidrogen fuel cell yang sangat ramah lingkungan. Melalui tipe ini, Honda telah memusatkan perhatian pada hydrogen sebagai solusi untuk berbagai isu seperti pemanasan global dan menipisnya bahan bakar fosil, dengan mengmbangkan Fuel Cell Vehicle (FCV) yang hanya menghasilkan uap air tanpa menghasilkan CO2 sama sekali sebagai kendaraan ramah lingkungan.



Honda Civic Hatchback Turbo Prototype diperkenalkan oleh Noriaki Abe, Chief Operating Officer, Regional Operations (Asia & Oceania) Honda Motor co., Ltd, bersama dengan Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor. Honda Civic Hatchback Prototype merupakan model versi 5 pintu dari generasi ke 10- Honda Civic yang dilengkapi mesin 1.5 VTEC TURBO yang sporty dan ramah lingkungan.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB)
PT KTB menghadirkan Mitsubishi XM Concept, MPV Concept Crossover yang merupakan tampilan pertama di dunia. Model ini akan direalisasikan sebagai kendaraan multifungsi untuk pasar Indonesia pada tahun 2017.



Tema yang diusung adalah “Brand New Exploration with Mitsubishi Motors”.Menggunakan Global Booth Design dari Mitsubishi Motors Company untuk menguatkan merek Mitsubishi Motors dengan program komunikasi yang lebih terkonsolidasi.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI)
PT NMI kali ini menghadirkan Datsun GO-cross Concept untuk pertama kalinya di Indonesia. Datsun GO-cross Concept ini pertama kali diperlihatkan di Tokyo pada tahun 2015, memamerkan visi Datsun atas kesempatan ekspansi model Datsun GO dan GO+ di negara-negara dengan potensi pasar yang besar termasuk Indonesia.



Datsun GO-cross Concept memiliki desain yang lebih berani dan dinamis dengan sentuhan yang praktis. Datsun Executive Design Director Nissan Motor Co, Kei Kyu, menyampaikan bahwa, Datsun GO-cross Concept didesain dengan harapna untuk memberikan gaya, kesenangan, dan petualangan dengan rasa baru di jajaran produk Datsun.Selain itu mobil ini secara spesifik dibuat untuk mewujudkan mimpi serta memenuhi preferensi generasi baru pengendara mobil – muda, ambisisus dan gemar menjelajah.

PT Toyota Astra Motor (TAM)
Melalui merek premiumnya, Lexus, PT TAM menghadirkan konsep kendaraan Fuel Cell, kendaraan yang disiapkan untuk masa depan. Kedua mobil konsep yang dihadirkan ini adalah, Lexus LF-LC dan Lexus RC F GT3.



Mengusung tema “Visionary Anticipation”, Lexus menyatakan komitmen dan antisipatif pada perubahan baik dalam aspek produk, pelayanan dan desain, dengan memahami selera dunia dari waktu ke waktu bagi konsumen pengguna kendaraan kelas premium.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)
Di gelaran GIIAS tahun ini PT SIS mengusung tema “Urban Sport” dengan menampilkan 20 unit kendaraan yang terbagi kedalam tiga kategori yaitu Reference Model, Current Model dan Modification Model. Untuk Reference Model Suzuki menghadirkan 3 unit yaitu: Ignis, Suzuki Baleno, Suzuki Jimny. Sedangkan untuk model konsep yang ditampilkan adalah: ‘Ignis Water Activity’ Concept

Melalui ajang otomotif GIIAS 2016, Indonesia terpilih sebagai tempat diperkenalkannya deretan mobil konsep dari Suzuki kepada khalayak ramai.

Baca Juga: