POPULAR STORIES

6 Ciri-ciri Tie Rod Sudah Rusak, Segera Antisipasi Sebelum Hilang Kendali

6 Ciri-ciri Tie Rod Sudah Rusak, Segera Antisipasi Sebelum Hilang Kendali Ilustrasi Servis Tie Rod. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Tie rod adalah bagian dari sistem kemudi mobil yang menghubungkan roda depan dengan gearbox kemudi. Tie rod bertanggung jawab untuk mentransfer gerakan putar dari gearbox kemudi ke roda depan mobil, sehingga memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan arah mobil.

Jadi penting untuk mengetahui gejala tie rod rusak, terlebih harus menggantinya bila diperlukan. Melansir Mechanicbase, apa saja gejala yang ditimbulkan jika tie rod sudah rusak?

1. Tapak Ban Mobil Menjadi Tidak Merata

Jika tie rod dalam keadaan tidak rusak, maka tapak pada ban akan aus secara merata, karena rotasinya selaras. Kalau Sobat menemukan ban yang uas tidak merata , masalahnya mungkin pada tie rod yang rusak.

Ciri-ciri Tie Rod Rusak

Biasanya, keausan akan terasa berat di satu sisi dan tidak di sisi lainnya. Jenis keausan ini disebabkan oleh ketidaksejajaran bagian kaki-kaki, Di sisi lain, keausan ban juga timbul dari berbagai masalah kemudi atau suspensi, sehingga diperlukan pemeriksaan yang cermat.

2. Responsif Kemudi Berkurang

Jika setir terasa tidak responsif, menandakan adanya area yang lemah kinerjanya atau mati saat memutar roda, hal ini membuat pengendara harus memutar stir lebih jauh. Semakin banyak masalah pada kaki-kaki dan roda, semakin besar kemungkinan Sobat kehilangan kendali saat mengemudi.

Ciri-ciri TIe Rod Rusak

Tie rod bisa menjadi pangkal masalah dari ciri-ciri tersebut, lakukan inspeksi dengan mekanik tepercaya ya Sob!

Baca Juga: Pemilihan Ban Mobil yang Tepat untuk Perjalanan Mudik Lebaran

3. Wheel Alignment Menjadi Buruk

Ketika tie rod mengalami keausan, ini menyebabkan longgar dan ujung depannya tidak sejajar. Hal ini memengaruhi Wheel Alignment, yang menyangkut kemiringan roda dan hubungannya dengan permukaan jalan. Melakukan spooring dan balancing secara teratur menjadi penting untuk memastikan performa optimal kendaraan.

Ciri-ciri Tie Rod Rusak

4. Mobil Condong Berbelok ke Satu Sisi

Jika wheel alignment tidak optimal dan tidak menunjukkan pusat yang tepat, mobil dapat terasa mulai mengarah ke satu sisi. Namun, ini tidak selalu terjadi ya Sob, tergantung pada tingkat kerusakan yang dialami oleh salah satu atau kedua tie rod.

Ciri-ciri Tie Rod Rusak

Kondisi ini juga bisa menghasilkan beberapa gejala lain. Sebagai contoh, ketika mobil terdorong ke satu arah karena kondisi ban yang tidak merata, dapat menyebabkan keausan yang tidak wajar pada ban. Selain itu, pengemudi mungkin juga merasakan getaran yang tidak biasa.

Baca Juga: Tanda Kerusakan Kaki-kaki Mobil Pasca Dipakai Mudik Lebaran Idul Fitri, Wajib Tahu

5. Getaran yang Berlebihan

Tie rod menghubungkan roda depan dengan roda kemudi. Oleh karena itu, jika ada masalah pada tie rod, Sobat akan merasakan guncangan atau getaran pada setir. Ini mungkin menjadi lebih buruk saat Sobat menghidupkan mobil atau saat menginjak gas. Begitu menyadari ada masalah pada kemudi, inilah saatnya memperbaiki mobil sebelum Sobat kehilangan kendali.

Ciri-ciri Tie Rod Rusak

6. Muncul Suara yang Tidak Normal

Selain masalah yang telah disebutkan, Sobat mungkin akan mendengar suara-suar yang aneh ketika roda mengalami getaran. Umumnya, tie rod yang mengalami kerusakan akan menghasilkan suara dentingan atau ketukan.

Baca Juga: Bengkel Ini Pakai Kyoto Shaking Machine, Periksa Kerusakan Kaki-kaki Lebih Akurat

Suara-suara ini berasal dari gesekan dan pergerakan pada link dan sambungan tie rod yang longgar. Jika pelindung yang melapisi sambungan tie rod juga rusak atau terkontaminasi oleh serpihan, Sobat mungkin akan mendengar suara gesekan saat mengemudi.

Berita Terkait

Berita Terkait