POPULAR STORIES

7 Hal Yang Diperhatikan Saat Melaju Di Jalan Tol

7 Hal Yang Diperhatikan Saat Melaju di Jalan Tol Ilustrasi mobil melaju di jalan tol (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Kementerian PUPR menargetkan 13 ruas Tol baru hingga akhir tahun 2023. Di mana, ruas tol baru ini dapat memperlancar mobilitas di Indonesia.

Tapi, perlu diketahui mengemudikan mobil di jalan Tol bukan hal yang mudah dan berbeda jauh dengan kondisi berkendara di jalan umum biasa. Bahkan akhir-akhir ini kembali sering diberitakan mengenai kecelakaan di jalan tol yang beberapa di antaranya sampai merenggut korban jiwa.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melalui jalan Tol:

Baca Juga: Tips Lakukan Perawatan Cat Mobil Saat Musim Pancaroba

Konsentrasi berkendara di jalan tol

1. Paham kondisi jalan

Apabila tidak setiap hari melewati ruas jalan tol yang sama sehingga ada risiko tidak mengetahui potensi masalah seperti jalan rusak. Bahkan saat sudah biasa lewat sekalipun, ada kemungkinan kondisi jalan berubah, seperti sedang ada perbaikan jalan, yang mewajibkan pengemudi untuk menjaga kewaspadaan.

2. Paham rambu dan marka jalan

Karena kurang memperhatikan rambu jalan, ada pengemudi yang nekat memotong jalan dari lajur cepat ke exit tol. Tindakan ini sangat berbahaya karena berisiko kena tabrak dari belakang atau membuat mobil terguling.

3. Paham skill setiap driver berbeda

Pengemudi mungkin sudah memiliki kemahiran mengemudi yang memadai. Namun bagaimana dengan pengemudi lain? Bisa jadi mereka baru bisa mengendarai mobil. Untuk itu, pahami skill driver lain dengan melihat caranya bermanuver. Jika berbahaya, segera menghindar dan jangan diprovokasi karena malah membuat mereka panik dan salah mengambil keputusan.

Baca Juga: Ban Mobil Harus Rotasi Begini Tipsnya

Pahami kondisi mobil sebelum digunakan

4. Pentingnya fitur safety

Karena malas atau lupa, banyak pengemudi mobil yang tidak memakai seat belt. Padahal merupakan fitur safety paling basic yang paling melindungi karena terbukti sanggup mencegah penumpang menabrak kaca atau terlempar keluar saat kecelakaan.

5. Kendalikan emosi

Banyak kecelakaan terjadi akibat pengemudi gagal mengendalikan emosi, seperti memepet kendaraan lain yang berseteru sehingga mengakibatkan kecelakaan. Padahal, situasi ini dapat dicegah dengan mengendalikan emosi.

6. Paham Kondisi Tubuh

Satu masalah yang sering diabaikan adalah mengantuk. Karena menganggap sepele, banyak pengemudi tidak mempedulikan serangan kantuk dan memaksakan terus berkendara. Alhasil mereka terkena microsleep dan berakhir kecelakaan.

7. Paham Kondisi Mobil

Masih banyak pemilik mobil yang tidak mau tahu kondisi komponen mobil. Begitu bermasalah seperti rem blong atau terkena aquaplaning, baru sadar pentingnya menjaga kondisi mobil.