73 Kamera ETLE Tambahan Dibekali Sistem Artificial Intelligence

73 Kamera ETLE Tambahan Dibekali Sistem Artificial Intelligence Kamera ETLE (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Polda Metro Jaya akan menambah 73 kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada tahun 2023.

Kamera ETLE itu nantinya tidak hanya dipasang di jalan protokol DKI Jakarta saja, namun juga dipasang di ruas jalan kota penyangga menuju Jakarta. Padatnya aktivitas masyarakat, khususnya di ruas jalan di DKI dan kota-kota penyangga jadi salah satu alasan penambahan kamera ETLE.

Baca Juga: Polda Metro Tambah 70 Kamera ETLE Tahun 2023

Menariknya, 73 kamera ETLE yang akan dipasang adalah jenis ETLE statis yang bekerja secara otomatis lewat sistem AI (Artificial Intelligence). Sistem itu yang nantinya memantau pelanggaran lalu lintas yang luput dari pengamatan.

Tak hanya pelanggar lalu lintas saja nih Sob, ETLE dengan sistem AI juga bisa melacak pelaku kejahatan. Terlebih, kamera ETLE ini juga menggunakan teknologi face recognition yang nantinya kedua teknologi tersebut akan terintegrasi dengan big data milik Polri.

"Dengan penindakan elektronik ini diharapkan betul-betul transparansi dalam hal penindakan hukum bisa dirasakan oleh masyarakat," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, Selasa (27/9).

Kamera ETLE di Jakarta Selatan (Foto: kabarOto)

Diharapkan, penambahan titik lokasi kamera ETLE tersebut bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas. Pada saat bersamaan, aparat kepolisian yang bertugas di lapangan pun bisa bekerja secara transparan.

Untuk diketahui, saat ini ada 98 titik kamera ETLE di Jakarta. Seluruh ETLE di Jakarta masih berstatus statis alias stasioner. Kamera-kamera itu berada di seputaran bundaran Senayan Ratu Plaza, fly over Thamrin ke Sudirman, simpang Sarinah-Bawaslu dan Simpang Kota Tua.

Baca juga: Polri Akan Tambah Kamera ETLE Di 14 Polda

Kamera ETLE juga ada di simpang Istana Negara, simpang Kebon Sirih, simpang Pancoran, simpang Tomang, simpang Halim Lama, simpang Cempaka Putih, simpang Tugu Tani dari arah Senen, depan Halte Setia Budi 2.

Nah, kamera ETLE juga ada di jalan Juanda-Depok, Jl Martadinata-Cikarang, Jl Sultan Iskandar Muda-Pondok Indah, Jl Jend Gatot Subroto, Semanggi dan Setiabudi-Jakarta Selatan. Ada juga di ruas Tol Cikampek KM 27+100A, ruas Tol Dalam Kota KM 14+700 A, ruas Tol JORR KM 53+600 B, Jalur Transjakarta Pancoran Barat, Bidara Cina arah Otista, hingga Pos Pengumben arah Lebak Bulus.