POPULAR STORIES

Polisi Maksimalkan ETLE Saat Musim Libur Natal Dan Tahun Baru

Polisi Maksimalkan ETLE Saat Musim Libur Natal dan Tahun Baru Kamera ETLE di salah satu ruas jalan di Jakarta (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Polisi menyatakan bahwa tidak akan melakukan penilangan secara manual selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bagi pelaku pelanggaran lalu lintas. Polisi akan memaksimalkan penggunaan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Kami akan memaksimalkan penggunaan ETLE," ujar Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi.

Baca Juga : Drone ETLE Lakukan Uji Coba Terbang 25 Menit di Langit Tangerang

Eddy menjelaskan kebijakan tidak melakukan tilang manual selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini sudah ditegaskan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Jadi, sudah ditegaskan oleh Bapak Kapolri selaku pimpinan, bahwa tidak akan melakukan tindakan dengan tilang manual," katanya.

Meski keberadaan kamera ETLE belum banyak, namun dengan segala keterbatasan yang ada, ETLE sudah teruji dalam mendeteksi pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara.

Kamera ETLE kawasan Blok M Jakarta Selatan

Sementara itu, bagi pengendara yang terkena tilang elektronik selama musim libur Natal dan tahun baru dapat mengurusnya ke kantor kepolisian wilayah setempat.

"Pengurusan tetap di kantor lalu lintas yang ada di wilayah setempat, tetap diberikan pelayanan pengurus denda tilang yang bersangkutan," kata Eddy.

Saat ini, Polri memiliki 433 kamera statis untuk penegakan hukum ETLE, lima untuk weight in motion atau untuk penimbangan yang bersifat mobile, kemudian 806 mobile handheld, dan 65 mobile on-board.

Baca Juga : Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Uji Coba ETLE Drone Di Boyolali

Indonesia masih memerlukan lebih banyak kamera ETLE, antara lain 3.465 kamera statis dan 1.472 kamera weight in motion.

Selain itu, Korlantas Polri juga masih perlu memiliki 39.691 kamera mobile handheld, 1.261 kamera mobile on-board, serta 737 kamera jenis portabel untuk ETLE.