Ducati Akan Luncurkan Monster 1200 Edisi Khusus

Ducati Akan Luncurkan Monster 1200 Edisi Khusus Ducati Monster 1200 Anniversary (Ducati)

KabarOto.com - Pabrikan sepeda motor legendaris asal Italia, Ducati, rencananya akan meluncurkan edisi khusus dari model andalan mereka Monster 1200. Varian Anniversary tersebut diluncurkan sebagai bentuk perayaan ke-25 tahun model Monster.

"Monster pertama kali hadir di pameran perdagangan Cologne pada 1992, dan mulai diproduksi pada 5 Maret 1993. Hanya dalam beberapa tahun, Monster berhasil mencapai status ikon di dunia sepeda motor," tulis Ducati dalam keterangan resminya.

Dinamai Ducati Monster Anniversario, karena secara visual naked bike Edisi Terbatas ini punya livery eksklusif, yang menampilkan tiga warna bendera Italia Hijau, putih, dan merah pada wind shield, tangki bahan bakar, serta seat cover.

Kombinasi warna yang disebut Tri-Colore itu, terinspirasi dari penampilan Monster S4RS Testastretta Tricolore yang muncul di tahun 2008. Di kursinya juga terdapat logo ulang tahun Monster 1200 yang ke-25.

Monster Anniversary menggunakan mesin Testastretta berkapasitas 1.198 cc, sama dengan yang digunakan Monster 1200S saat ini. Mesin berkonfigurasi L-Twin yang menjadi ciri khas Ducati tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 147 dk pada 9.250 rpm dan torsi sebesar 124 Nm pada 7.750 rpm.

Untuk membedakannya dengan versi reguler, Ducati memberikan Frame berwarna emas dan pelek forged Marchesini dengan desain W Spokes, berbalut tinta yang sama dengan kerangka motor.

Tuas rem, kopling, dan plate holder terbuat dari aluminium, sementara spakbor depan dan belakang, penutup lubang kunci dan pelindung panas kenalpot berbahan serat karbon.

Baca juga: Vespa Luncurkan Primavera Edisi Khusus untuk Rayakan Ulang Tahun ke-50

Sasisnya menggunakan rangka trellis berbahan baja tubular dan swingarm dari aluminium. Sistem pengereman terdiri dari dua cakram Brembo berdiameter 330 mm yang dipasangkan dengan kaliper monoblok Brembo M50.

Ducati mengatakan hanya akan ada 500 unit edisi spesial, dari versi 25 Anniversario yang akan diproduksi. Di Amerika, Monster ini akan tersedia menjelang akhir tahun pada bulan November dan akan dijual dengan harga sekitar Rp 320 juta.