POPULAR STORIES

Gejala Yang Menyebabkan Gardan Mobil Terganggu

Gejala Yang Menyebabkan Gardan Mobil Terganggu

Gardan adalah bagian dari mobil yang fungsinya adalah sebagai penggerak roda pada sebuah mobil. Gardan ini kinerjanya ditentukan oleh transmisi yang tersambung ke mesin mobil yang memutar.

Kinerja gardan ini didukung oleh pelumas yang bertujuan untuk melumasi gigi supaya tidak menjadi haus, karena gear ini cara kerjanya adalah bergesekan antara gear satu dengan gear lain.

Beberapa bagian yang tedapat pada gardan diantaranya Cincin dorong, Pinion Penggerak, mur penyetel, roda gigi samping, cincin, bantalan belakang, pinion gear, spaser, tutup bantalan, pengunci mur penyetel, mur penyetel, differential caarier, penahan oli, baut, dan masih banyak lainya.

Jika salah satu bagian dari gardan tersebut menglami gangguaan maka akan mempengaruhi kinerja Gardan. Nah yang perlu anda ketahui adalah gejala-gejala sebuah gardan mengalami masalah, diantaranya adalah:

  • Bila gardan mengalami masalah akan muncul suara berisik dan bunyi dengung untuk mobil yang menggunakan penggerak roda belakang, suara dengung dan berisik ini bisa disebabkan karena gigi yang mulai haus. Kalau sudah terjadi maka gigi gardan harus segera diganti, agar bunyi dengung dan berisik hilang. Selanjutnya bunyi dengung yang muncul disebabkan oleh longgarnya jarak antara gigi satu dengan yang lainnya. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah setel ulang jarang gigi tersebut.
  • Muncul getaran pada Gardan saat berjalan, ini terjadi klaher gardan yang sudah rusak. Getaran muncul juga bisa disebabkan oleh gigi gardan yang rusak karena menggunakan bahan yang kualitasnya rendah.
  • Oli Gardan Bocor bisa menjadi salah satu gangguan pada gardan, beberapa hal yang membuat oli gardan bocor, yang pertama itu terjadi karena baut tap oli gardan kurang kencang posisinya, atau bisa juga terjadi karena drat baut yang sudah tidak bekerja dengan baik.
  • Packing Gardan yang fungsinya untuk menyatukan selongsong gardan dengan gardan yang harus menggunakan lem tidak merata, sehingga terjadi kebocoran di oli gardan. Bocornya oli gardan disebabkan oleh seal pinion sudah haus atau mungkin juga karena karet seal pinion sudah rusak. Bocornya oli gardan juga biasanya disebabkan oleh seal roda belakang yang terjadi krusakan, ini untuk mobil yang menggunakan penggerak roda belakang.

Baca Juga: