Mengenal Sistem Kelistrikan Kendaraan Bermotor, Wajib Dirawat

Mengenal Sistem Kelistrikan Kendaraan Bermotor, Wajib Dirawat Kipli

KabarOto.com - Sistem kelistrikan merupakan salah satu pusat kinerja kendaraan bermotor. Fungsinya untuk menyalurkan arus listrik ke starter, sistem injeksi, sistem pengapian, sistem pengisian, sistem penerangan dan sinyal, serta komponen pendukung lainnya.

Menilik nilai vital dari komponen tersebut, jika terjadi suatu masalah, membuat performa motor terganggu, mengakibatkan mogok (mesin tidak bisa dihidupkan) .

Fungsi dari spull adalah mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, lalu menyalurkannya ke komponen lain.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat spull adalah dengan menjaga atau mencegah agar tidak hangus karena suhu mesin terlalu tinggi.

Baca Juga: OLX Autos Bagi-bagi Tips Di GIIAS 2022 Agar Harga Jual Mobil Tinggi

"Pastikan sistem pendinginan pada sepeda motor bekerja dengan baik, periksa juga kapasitas dan kondisi oli agar dapat melumasi komponen mesin dengan baik sehingga suhu tetap stabil," ujar Wiranata Manager Promosi PT Thamrin Brothers.

Kiprok berfungsi mengubah arus AC (bolak balik) yang dihasilkan oleh spull, kemudian mengubahnya ke arus DC (searah), lalu menstabilkan arus listrik.

Jika terjadi kerusakan pada kiprok, maka aki motor pun akan bermasalah. Oleh sebab itu, diperlukan pengecekan rutin pada kiprok agar arus kelistrikan stabil.

Aki memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kelistrikan motor. Fungsinya sebagai penyimpanan energi listrik yang telah disuplai oleh generator (spull).

Hal yang dapat dilakukan untuk merawat aki adalah selalu memeriksa tegangan, charge jika tegangan aki dibawah standar. Jika sudah tidak bisa menyimpan arus, segera ganti.

Baca Juga: Tips Merawat Aki Sepeda Motor Agar Awet Dan Harga Resminya

Utuk jenis aki basah, harus rutin memeriksa kondisi air, supaya volumenya tetap dalam batas indikator.

Sangat disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan pada setiap pembungkus, sambungan, dan soket-soket kabel. Jika ada yang mengelupas, mudah robek, maka jangan ditunda. Segera ganti kabel dengan tipe yang sesuai, sebelum terjadi konsleting.

Selain pengecekan mesin motor, disarankan juga untuk melakukan servis khusus sistem kelistrikan. "Hal tersebut sangat disarankan, karena sepeda motor memiliki mekanisme kerja, diolah melalui sistem kelistrikan," tutupnya.