POPULAR STORIES

OLX Autos Bagi-bagi Tips Di GIIAS 2022 Agar Harga Jual Mobil Tinggi

OLX Autos Bagi-bagi Tips di GIIAS 2022 Agar Harga Jual Mobil Tinggi Kipli

KabarOto.com - Memastikan kondisi kendaraan bermotor Sobat tetap bagus dan bebas dari masalah, merupakan salah satu faktor penting bagi para pemiliknya.

Banyak yang beranggapan bahwa mengecek kondisi kendaraan mobil merupakan hal yang sulit dan hanya dapat dilakukan oleh para ahli.

Meskipun pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah, Nur Rahmah Sari selaku PR & Content Manager OLX Autos Indonesia mengungkapkan bahwa ada beberapa proses inspeksi yang dapat dilakukan mandiri.

Pada acara OLX Autos Spot GIIAS 2022, BSD City, Tangerang, Banten, Ia menyebutkan beberapa hal tersebut.

"Perhatikan apakah bodi mobil memiliki baret atau penyok. Periksa dan pastikan semua bagian eksterior mobil Anda seperti bumper, spoiler, dan lainnya sudah terpasang dengan baik dan tidak longgar, ujarnya.

Cek kondisi lampu depan dan belakang Anda seperti lampu low-beam, high-beam dan sein apakah dalam kondisi baik, tidak berkedip, redup, ataupun mati.

Baca juga: Datang Rek! Road To OLX Autos IMX 2022 Bakal Pajang Ragam Mobil Modifikasi Di Surabaya

Buka kap mesin dan periksa apakah mesin berfungsi dengan normal dan tidak ada suara atau getaran yang dapat mengindikasikan adanya komponen yang longgar pada bagian mesin.

Anda dapat melakukan pemeriksaan volume oli mesin. Anda perlu mencari letak dipstick yang terletak di dekat mesin, lalu tarik keluar dipstick tersebut.

"Bersihkan dipstick dari sisa oli yang menempel, kemudian masukkan kembali untuk mengecek kondisi volume oli mesin kendaraan lewat batas ukur di alat tersebut," tandasnya.

Air radiator ada pada tabung cadangan yang terletak di bagian kap depan. Pastikan ari radiator berada di batas penuh dan tidak berkurang.

Memeriksa approach angle, break over angle, dan departure angle. "Approach angle adalah sudut termiring sebuah jalanan yang dapat dilalui oleh kendaraan Anda, sedangkan break over angle adalah titik tertinggi sebuah jalan yang dapat dilalui oleh mobil tanpa menabrak bodi bagian depan mobil," jelasnya.

Terakhir adalah departure angle adalah sudut termiring sebuah jalan yang dapat dilalui oleh mobil Anda tanpa menabrak bodi bagian belakang mobil.

Sobat dapat memeriksa apakah sokbreker kendaraan dalam kondisi yang baik atau tidak dengan memeriksa apakah ada cairan oli yang keluar.

Baca juga: Rayakan Ultah Ke-2, OLX Autos Bagi-bagi MINI Cooper Bekas Dan Ratusan Juta Rupiah

Sobat juga dapat memeriksa kondisi saat berkendara apabila merasakan mobil terlalu bergoyang saat melewati polisi tidur atau jalan berlubang.

Periksalah tekanan ban mobil secara berkala. Selain itu juga periksalah kondisi ban mobil dengan mengecek tread wear indicator (TWI) pada ban.

Sobat dapat menemukan TWI dengan melihat bentuk segitiga pada ban mobil. Apabila TWI sudah menonjol, maka ban sudah harus diganti.

Salah satu cara mengetahui apabila kondisi aki mobil sudah bermasalah adalah jika Anda mengalami kesulitan saat starter mobil, mengalami masalah kelistrikan seperti lampu redup, suara klakson tidak nyaring.

Pastikan kondisi interior mobil baik. Periksa apakah ada bau yang tidak sedap di dalam mobil, tidak ada sisa-sisa makanan yang dapat mengundang kecoa.

Pastikan juga karpet mobil sudah terpasang dengan baik dan benar agar tidak terjadi slip yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Sobat juga dapat melakukan pemeriksaan kondisi transmisi mobil dengan melakukan perpindahan gigi dan melihat apakah perpindahan gigi tersebut terasa halus.

Untuk transmisi otomatis, Sobat juga dapat memeriksa dengan cara memasukkan tuas ke drive dan melihat apakah mobil Anda berjalan sendiri.

Periksa pedal rem kendaraan Anda dengan cara menginjak pedal rem dan melihat apakah tekanan menginjak rem terlalu dalam atau terlalu pendek.

Jika terlalu dalam atau pendek, hal tersebut dapat menyebabkan pengereman kendaraan yang terlalu cepat atau lambat.

Baca juga: Fasilitas Baru Membeli Mobil Bekas Yang Ditawarkan OLX Autos

Kendaraan mobil modern sudah dilengkapi dengan PRS dan SRS. PRS adalah primary restraining system sedangkan SRS adalah supplementary restraint system.

PRS pada kendaraan mobil adalah sabuk pengaman, SRS pada kendaraan mobil adalah airbag. Pastikan kondisi sabuk pengaman dalam kondisi baik dan terkunci dengan benar saat terpasang.

"Bahan bakar harus sesuai dengan nomor oktan. Karena banyak pengemudi tidak sadar menggunakan bahan bakar dengan nomor oktan dibawah ketentuan, mengakibatkan jangka panjang performa mesin dapat menurun," ujarnya.

Periksa apakah motor penggerak elektrik kaca spion bekerja dengan baik dengan menggerakkan kaca spion ke segala arah dan melihat apakah pergerakkan kaca spion bekerja dengan normal.

Periksa juga apakah fungsi melipat kaca spion kendaraan bekerja dengan baik atau tidak. Periksa ketersediaan apar & P3K Periksalah alat pemadam kebakaran mobil.