POPULAR STORIES

Profil All New Toyota Corolla Cross

Profil All New Toyota Corolla Cross All New Toyota Corolla Cross (Dok: Toyota)

KabarOto.com – Kehadiran All New Toyota Corolla Cross di segmen kelas SUV memperluas jangkauan merek tersebut untuk mengisi berbagai segmen mobil mulai dari hatchback, touring sport, dan sedan.

SUV ini dibangun di atas filosofi TNGA Toyota dan platform GA-C terbaru yang diklaim memberikan manfaat pada desain, kepraktisan, teknologi dan dinamika saar berkendara.

Dari segi tampilan All new Toyota Corolla Cross memiliki kesan yang kuat dan kokoh khusus disesuaikan untuk pasar Eropa, dengan kombinasi unik pada headlamp dan kluster lampu yang dipadukan dengan gril trapezium ganda, spatbor 3 dimensi yang melebar.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4460mm, lebar 1825mm, tinggi 1620mm dan memiliki jarak sumbu roda 2640mm, atau berada di antara Toyota C-HR dan RAV4.

Baca juga: Toyota Klaim, Mobil Listrik C+POD Dan COMS Sudah Dijajal 700 Orang

Masuk ke dalam kabin, penumpang mendapatkan visibilitas yang luar biasa, ruang kepala dan kaki kursi depan dan belakang yang luas, bukaan pintu belakang yang besar, peningkatan cahaya dan rasa lapang yang disediakan oleh panoramic sunroof.

Soal performa, All New Toyota Corolla Cross dibekali sistem hibridia generasi kelima. Di mana, Powertrain Toyota generasi ke-5, menawarkan self-charging, full hybrid FWD atau AWD-i (intelligent-all-wheel drive) dibangun dengan torsi lebih besar, tenaga listrik lebih besar, efisiensi lebih besar, dan peningkatan kenikmatan berkendara.

Sementara itu, Transaxle telah dibangun ulang bersama dengan pelumasan baru dan sistem distribusi oli yang menggunakan oli dengan viskositas rendah. Ini berkontribusi pada peningkatan efisiensi dan daya berkat berkurangnya kerugian listrik dan mekanis.

Menampilkan perkembangan terbaru dalam baterai Li-ion, sistem paket baterai baru ini lebih bertenaga dan 40% lebih ringan dari sebelumnya. Output motor dan mesin telah meningkat, menghasilkan peningkatan total output sistem lebih dari 8%.

Powertrain hybrid FWD 2.0 liter menghasilkan tenaga 197 dk, dan mampu berakselerasi 0-100km/jam dalam 8,1 detik. Sedangkan, varian AWD-i memiliki fitur tambahan, motor listrik bertenaga di gandar belakang yang meningkat menjadi30,6 kW.

Motor belakang bekerja secara otomatis untuk memberikan traksi yang lebih besar, kepercayaan diri berkendara, dan ketenangan pikiran dalam kondisi cengkeraman rendah. Dilengkapi dengan demikian, AWD-i Corolla Cross berbagi kinerja akselerasi versi FWD.

Baca juga: Toyota Corolla Cross GR Sport Hadir Di Thailand

All New Toyota Corolla Cross dibekali sistem teknologi canggih, seperti HMI (Human Machine Interface) yang ditingkatkan dengan teknologi multimedia terbaru, dan tata letak dasbor khusus Eropa menampilkan kokpit digital driver 12,3 inci yang serba baru dan layar multimedia pusat 10,5 inci.

Kokpit digital 12,3 inci menampilkan perangkat keras dan perangkat lunak baru. Dan, menawarkan ruang maksimum untuk konten, fleksibilitas luas, dan opsi penyesuaian dan personalisasi seperti konsumsi bahan bakar, pengoperasian sistem hybrid, dan navigasi.

Dengan prosesor baru yang lebih cepat, High Definition terbaru, sistem infotainment Multimedia layar sentuh 10,5 inci dilengkapi Apple CarPlay nirkabel dan konektivitas Android Auto kabel, dan paket Toyota Smart Connect.

Pengemudi dan penumpang kini dapat merasakan kenyamanan navigasi Cloud, road event, voice agent, dan update over-the-air. Selain itu, rangkaian layanan terhubung dari MyT App mencakup analisis mengemudi, lokasi mobil, dan bahkan fitur kendali jarak jauh seperti jadwal iklim dan penguncian pintu.

Baca juga: Alasan Toyota Memilih Kembangkan Hybrid Electric Vehicle Untuk Dipasarkan

Soal keamanan, All New Corolla Cross dilengkapi dengan T-Mate, yang menggabungkan paket Toyota Safety Sense generasi terbaru dengan sistem bantuan mengemudi dan parkir aktif lainnya untuk tidak hanya membuat berkendara lebih mudah dan aman, tetapi juga untuk melindungi semua penumpang kendaraan juga.

Fungsi Toyota Safety Sense termasuk Emergency Driving Stop System (EDSS), dan pembaruan Over The Air (OTA) yang menjaga fungsi tetap up-to-date dan menambahkan yang baru selama masa pakai kendaraan. Selain itu, penyempurnaan telah dilakukan pada Full Speed Range Adaptive Cruise Control (FSR ACC), dan sistem Lane Trace Assist (LTA) dan Road Sign Assist (RSA).

Sedangkan, T-Mate menawarkan bantuan mengemudi melalui Blind Spot Monitor (BSM) dengan Safety Exit Assist (SEA), Auto High Beam System (AHB), bantuan parkir dengan Toyota Teammate Advanced Park, Panoramic View Monitor (PVM), Rear Cross Traffic Peringatan dengan Pengereman Otomatis (RCTAB) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).