Afi Motor, Selain Mobil Jepang Spesialis Chery QQ

Afi Motor, Selain Mobil Jepang Spesialis Chery QQ Afi Motor tidak hanya memanjakan konsumen mobil Jepang tetapi ia juga memanjakan customer mobil Chery QQ (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi)

Bengkel yang satu ini begitu jeli dalam melihat pasar. Disaat ketatnya persaingan bisnis otomotif, Afi Motor mengambil segmen mobil China, Chery QQ untuk menambah pelanggannya. Sapto Saputro sang pemilik sengaja mengambil segmen ini karena bengkel untuk mobil mungil ini masih jarang.

"Saya ambil Chery QQ ini karena mobil ini tidak terlalu rumit mesinnya, sparepart aslinya memang jarang tapi persamaan saja bisa kok," ungkap Sapto.

Pelanggan yang datang pun tak hanya sekitar Jakarta dan Tanggerang, Bogor dan Bekasi pun kerap datang ke bengkel ini hanya untuk service dan memperbaiki mobilnya.

"Mereka kebanyakan datang kesini itu service, ngecat, ganti kaki, ac, dari pekerjaan yang kecil hingga service besar masuk kesini," singkatnya.

Biayanya pun tidak terlalu mahal, mulai dari Rp150 ribu hingga Rp4 juta.

"Kalau udah turun mesin separo sampai cat dan kaki pokoknya semua bisa Rp4 juta sampai Rp5 juta," ungkap Sapto.

Lalu kenapa mereka memilih Chery, padahal banyak mobil Jepang yang lebih murah? Menurutnya, mereka yang pakai Chery QQ karena mobil yang masuk ke dalam kategori City Car ini harganya cukup murah.

"Mobil ini murah jadi banyak orang yang pakai. Tapi beberapa bagian mesin dan kaki pakai chevrolete. Sudah gitu mobil ini kalau dipakai di tol dengan kecepatan 120 km/jam tidak goyang," papar Sapto.

Menurutnya, mobil tersebut disepadankan dengan bahan bakar yang irit. Bayangkan, 1:17 dengan bobot mesin 1100 cc.

"Chery QQ tahun 2005-2009 itu 800cc 3 silinder, kalo 2009 ke atas 1100cc sudah 4 silinder. Selain irit, mobil ini juga lincah," terangnya.

Nah, sudah berapa kendaraan Cherry QQ yang telah digarapnya? Baginya, service yang telah dilaksanakannya itu sudah tidak terhitung, ratusan kendaraan Cherry QQ sudah memarkir disini untuk di service. Bagi Bro and Sist yang mempunyai roda empat Cherry QQ, si mungil yang ingin dikutik mesinnya dan diperbaiki silakan datang ke Afi Motor yang berada di Pusat Aksesoris dan Onderdil Pondok Cabe ini.

Baca Juga: