Agar Ban Tak Kempis Saat Motor Terparkir Lama Di Rumah

Agar Ban Tak Kempis Saat Motor Terparkir Lama di Rumah

KabarOto.com - Dalam rangka menurunkan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, Pemerintah pusat mengeluarkan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Masyarakat yang bekerja di luar sektor esensal dan kritikal harus bekerja di rumah (WFH).

Sementara itu, bagi pekerja di sektor tersebut dan atau ada keperluan mendesak, juga wajib menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP). PPKM darurat membuat arus lalu lintas cukup lengang, bahkan sepeda motor yang menjadi salah satu kendaraan terbanyak di Jakarta dan sekitarnya pun berkurang jumlahnya.

Baca Juga: Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Nyaman Digunakan

Masyarakat pun akhirnya memarkirkan sepeda motor kesayangan di rumah. Namun, jika Anda tidak menggunakan motor selama PPKM jangan lupa menggunakan standar tengah. Pian, pemilik bengkel Kawasaki Junior Produk mengatakan, motor yang tidak digunakan dalam waktu lama membuat ban menjadi kempis.

Kempisnya ban motor menurut dia bukan karena bocor halus, tapi suhu lantai dingin. "Apalagi kalau malam hari, dingin tekanan angin ban pasti akan menyusut," terangnya.

Hal ini dapat terjadi pada semua jenis ban, baik tubeless atau yang menggunakan ban dalam. "Ya kalau di rumah aja, mending parkir pakai standar dua (tengah) saja," terang Pian lagi.

Baca Juga: Berkendara Motor Saat Hujan, Perhatikan Tips Berikut

Lalu bagaimana dengan motor sport yang tidak dibekali dengan standar tengah? Pian menyarankan dengan mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang, gunakan kain atau kardus di bawah ban. "Letakkan kardus atau kain di bawah ban, agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai, supaya gak kempis," tambahnya.