Berkendara Motor Saat Hujan, Perhatikan Tips Berikut

Berkendara Motor Saat Hujan, Perhatikan Tips Berikut Mengendarai motor saat hujan perlu persiapan

KabarOto.com - Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia awal tahun 2021 ini. Untuk itu, pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati mengendarai motor saat hujan.

Untuk menghindari potensi bahaya yang mungkin terjadi, Yamaha Riding Academy (YRA) menyuguhkan sejumlah tips untuk melindungi Anda dari bahaya berkendara saat kondisi hujan.

1. Jaga jarak aman
Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah, selalu menjaga jarak aman untuk menghindari kecelakan. Hal itu, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi atau daya cengkram ban motor berkurang.

Baca Juga: Motor Mogok Kena Banjir? Ini Tipsnya

2. Selalu waspada
Harus selalu fokus saat mengendarai sepeda motor, waspada pada lubang atau orang menyebrang. Bahkan waspada jika ada kendaraan lain berhenti mendadak.

3. Mengatur penggunaan rem
Lakukan pengereman dengan perlahan. Karena saat kondisi hujan, traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang. Sehingga untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman, atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

4. Gunakan safety gear yang tepat (Ukuran sesuai dan berwarna cerah)
Jas hujan model setelan atas dan bawahan, helm dengan visor bening, gunakan sepatu anti air atau berbahan karet. Terakhir adalah menggunakan sarung tangan agar saat menekan rem atau menarik gas tidak licin.

5. Selalu merawat kondisi sepeda motor Karena salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik. Untuk menghindarinya perhatikan kondisi rem harus selalu bekerja sempurna, kembangan ban tidak gundul, tekanan ban yang sesuai dengan standar spek.

Baca Juga: Penting Nih, Tips Menghindari Begal Motor Di Malam Hari

Selanjutnya lampu harus berfungsi dengan baik, kondisi cover bodi tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting komponen listrik.

Terakhir selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima.