POPULAR STORIES

AHM Sudah Gunakan Tenaga Surya Untuk Kegiatan Produksi Motor Di Pabrik

AHM Sudah Gunakan Tenaga Surya untuk Kegiatan Produksi Motor di Pabrik Pabrik Hpnda sudah menggunakan tenaga surya

KabarOto.com - Fokus mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), membiat PT Astra Honda Motor (AHM) meraih penghragaan di ajang Solar PV Rooftop Champion 2020. Pengharagaan diberikan karena produsen kendaraan bermotor merek Honda ini konsisten dalam mengimplementasikan Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam aktivitas perusahaan.

Penghargaan Solar PV Rooftop Champion 2020 diberikan berdasarkan program pemanfaatan EBT sebagai salah satu sumber energi perusahaan. Penyerahannya diselenggarakan oleh Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap (GNSSA) melalui daring pada ajang The 9th Indonesia Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) ConEx, 23 November 2020 lalu.

Baca Juga: Distance Sensor Karya Terbaik Di AHM Best Student 2020

Acara penghargaan dihadiri langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan 800-an peserta dari mancanegara.

Pabrik AHM


Merry Heryana, General Affairs Division Head AHM mengatakan, AHM akan terus berupaya melakukan inovasi dalam pemanfaatan energi terbarukan serta konservasi energi. Tujuannya untuk mendorong transisi energi menuju pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

“Pemanfaatan energi dari tenaga surya ini bentuk kontribusi kami dalam mendukung program pemerintah terhadap upaya mengurangi pemanasan global," terangnya. Selain itu juga sebagai satu daya alternatif untuk proses produksi dan pengurangan emisi karbon di lingkungan perusahaan.

Sebanyak 5.034 panel surya telah terpasang di atap gedung pabrik AHM Cikarang dan AHM Safety Riding & Training Center di Deltamas, Jawa Barat sejak tahun 2019 lalu. Panel surya yang terpasang bisa menghasilkan daya listrik sebesar 1.711,56 kWp, disalurkan dan digunakan untuk proses produksi dan penunjang produksi.

Baca Juga: Pembalap AHM Tutup FIM CEV Moto3 Junior World Championship Dengan Hasil Positif

Sistem operasi panel PLTS Atap di AHM adalah berjenis On Grid dengan sistem photovoltaic yang mampu mentransfer sinar matahari menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan, untuk kemudian disalurkan secara paralel dan disinkronkan ke berbagai aktivitas perusahaan yang membutuhkan energi listrik.