POPULAR STORIES

Akhir April Polda Metro Akan Gelar Razia Kendaraan Bermotor

Akhir April Polda Metro akan Gelar Razia Kendaraan Bermotor Foto: Istimewa

Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Subdit Bin Gakkum) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menggelar razia bersama kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat pada akhir April atau awal Mei 2017.

Keputusan menggelar razia bersama ini diambil dari hasil rapat di kandor Badan Pajak dan Retribusi Daerah pada Jumat (17/3) lalu.

"Sesuai keputusan rapat bersama, razia bersama akan digelar akhir April atau awal Mei. Kita masih melihat perkembangan situasi," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto di ruang kerjanya, Senin (20/3).

Dikatakan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor atau belum daftar ulang (BDU).

"Kita ingin menciptakan budaya tertib berlalu lintas dan tertib administrasi ke para pengguna kendaraan bermotor," cap Budiyanto.

Berdasarkan hasil rekapitulasi data Badan Pajak & Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta, terdapat relatif cukup besar jumlah kendaraan bermotor yang belum melaksanakan daftar ulang. Totalnya mencapai 3,8 juta kendaraan, yakni kendaraan bermotor roda dua 3,2 juta kendaraan, dan kendaraan roda empat 600 ribu unit kendaraan.

Dengan data tersebut, Pemerintah Daerah DKI Jakarta melalui Badan Pajak & Retribusi Daerah sebagai leading sector akan mengadakan razia bersama terhadap kendaraan bermotor BDU, dengan melibatkan stakeholder lain. Lembaga-lembaga terkait yang akan terlibat dalam razia, di antaranya Badan Pajak, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Polri.

"Upaya razia bersama akan kita lakukan dengan seluruh cakupan tahapan, mulai dari koordinasi, perencanaan, sosialisasi hingga evaluasi," pungkas Budiyanto.