Akhir Pekan Ini Volume Kendaraan Di Tol Akan Meningkat

Akhir Pekan Ini Volume Kendaraan di Tol akan Meningkat Jasa Marga prediksi ada kenaikanvolume kendaraan saat libur panjang

KabarOto.com - Pekan ini msyarakat Indonesia bisa berlibur bersama keluarga ke berbagai tempat hiburan termasuk kampung halaman. Karena akan ada cuti bersama, pada 28 Oktober sampai 1 November 2020.

PT Jasa Marga (Persero) sudah memprediksi, bahwa akan ada lonjakan kendaraan yang meninggalkan Jakarta. Prediksi tersebut disampaikan langsung oleh Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru.

Baca Juga: Antisipasi Macet Libur Panjang Akhir Oktober, 4 Pengaturan Ini Diberlakukan

Dia mengatakan, puncak volume lalu lintas untuk arus mudik terjadi pada Rabu 28 Oktober 2020 atau lebih tepatnya hari pertama cuti bersama. "Sementara prediksi puncak arus balik, Minggu 1 November 2020,” terangnya, Senin (26/10).

Sementara itu Operation and Maitanance Management Group Head Jasa Maga, Patomo Bimawan Putra mengatakan, volume lalu lintas keluar Jakarta selama 4 hari, pada libur Maulid Nabi 27-30 Oktober 2020 diprediksi naik sekitar 21,77%, dibanding lalu lintas periode new normal.

Distibusi kendaraan terbesar, menurut dia yang meninggalkan Jakarta berasal dari arah Timur menuju Jalan Tol Trans Jawa, Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi. Ia memprediksi akan meningkat hingga 48,17% dari normal.

Untuk jalur arah Barat menuju Banten atau Merak diprediksi sekitar 28,32 persen. "Ke arah Selatan yang merupaan lalu lintas lokal menuju Bogor, Puncak, Ciawi naik 23,51%,” terang Bimawan Putra.

Sementara Polri memprediksi akan terjadi puncak arus mudik pada Selasa tanggal 27 Oktober 2020 pukul 12.00 WIB sampai hari Rabu tanggal 28 Oktober pukul 24.00 WIB. Arus baliknya diperkirakan jatuh pada Sabtu (31/10) pukul 24.00 WIB hingga Senin (2/11) pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Antisipasi Macet Libur Panjang, Berikut Persebaran 16 Pos Pengamanan Polri

Mengantisipasi kemacetan libur panjang Korlantas Polri menerapkan beberapa pengaturan baik di ruas tol, rest area, maupun gerbang tol (GT).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, Polda Metro Jaya akan siapkan 16 pos pengamanan (pospam) untuk mengamankan lalu lintas.

Pospam akan tersebar di beberapa titik serta kawasan seperti jalur tol, arus balik jalur tol, jalan arteri, dan tempat wisata.