Antisipasi Macet Libur Panjang Akhir Oktober, 4 Pengaturan Ini Diberlakukan

Antisipasi Macet Libur Panjang Akhir Oktober, 4 Pengaturan Ini Diberlakukan

KabarOto.com - Tak terasa sudah memasuki bulan ke-10 tahun 2020. Jelang akhir bulan ini, pada 28 Oktober hingga 1 November ada libur nasional dalam rangka memeringati Maulid Nabi Muhammad SAW. Libur panjang ini Kepolisian RI sudah melakukan sejumlah persiapan untuk kelancaraannya.

Diduga akan berlangsung mudik yang memadati arus lalu lintas. Kepolisian memperkirakan mudik akan terjadi selama sepekan mulai 27 Oktober hingga 2 November.

"Puncak arus mudik akan dimulai sejak hari Selasa tanggal 27 Oktober 2020 pukul 12.00 WIB s.d hari Rabu tanggal 28 Oktober pukul 24.00 WIB," ujar Kabag Penum Kombes Pol. Dr. H. Ahmad Ramadhan.

Baca Juga: Tips Menjaga Kondisi Mobil Agar Tetap Prima Setelah Mudik Ala Daihatsu

Ilustrasi

Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan akan terjadi mulai Sabtu (31/10) pukul 24.00 WIB hingga Senin (2/11) pukul 08.00 WIB.

Demi memperlancar arus lalu lintas dan mengantisipasi kemacetan libur panjang, ada beberapa kebijakan lalu lintas yang akan diterapkan oleh Korlantas Polri, yaitu:

1. Penerapan contra flow di jalan tol Jakarta - Cikampek
2. Pembatasan truk sumbu tiga ke atas untuk tidak melalui jalan tol
2. Pengaturan buka tutup rest area
3. Memperbanyak petugas card reader di Gerbang Tol (GT)
4. Pengaturan di penyeberangan Kapal ASDP

Baca Juga: 4 Komponen Yang Wajib Di Cek Pasca Mudik Lebaran

Bagi Sobat KabarOto yang berencana melakukan mudik atau perjalana keluar kota, diharapkan untuk terus mengikuti peraturan dan rambu yang berlaku. Selain itu, tetap laksanakan protokol kesehatan Covid-19 saat di tempat umum agar penyebarannya tak semakin meluas.