Tips Menjaga Kondisi Mobil Agar Tetap Prima Setelah Mudik Ala Daihatsu

Tips Menjaga Kondisi Mobil Agar Tetap Prima Setelah Mudik ala Daihatsu Ilustrasi pengecekan mobil (ADM)

KabarOto.com - Momen libur panjang lebaran telah usai. Sobat kabarOto yang baru saja melakukan mudik ataupun menikmati libur panjang bersama keluarga, menggunakan kendaraan pribadi harus siap kembali untuk melanjutkan rutinitas dan kesibukan masing-masing.

Baca Juga: Mobil Bermasalah Saat Mudik? Ini Cara Agar Bisa Diklaim Asuransi

Setelah digunakan untuk melakukan perjalanan panjang, ada baiknya sobat kabarOto melakukan pengecekan terhadap mobil kesayangan agar kondisinya kembali prima saat digunakan menunjang rutinitas sehari-hari.

Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan tips untuk menyegarkan kembali kendaraan Anda. Berikut tipsnya:

1. Oli
Pastikan Anda memeriksa komponen cairan penting ini. Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang.

Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak. Jika volume oli mesin berkurang banyak dan terjadi perubahan fisik, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa secara mendalam.

Bambang juga menyarankan ke bengkel resmi untuk pemeriksaan menyeluruh

2. Kaki-Kaki
Kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Pastikan Anda memeriksa kondisi sokbreker, lower arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin.

3. Rem
Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman juga bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Anda dapat mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi dari pabrik.

4. Filter Bahan Bakar
Selama perjalanan mudik, kadang pemilik kendaraan terpaksa mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan, karena ketersediaan bahan bakar di area tersebut.

Kadang pemudik terpaksa mengisi BBM dengan oktan yang tidak sesuai

Pastikan Anda juga mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

Baca Juga: Simak Alasan Tak Perlu Angkat Wiper Waktu Parkir

5. Interior dan Filter AC
Pastikan Interior kendaraan bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa juga bersihkan saringan udara AC.