POPULAR STORIES

Simak Alasan Tak Perlu Angkat Wiper Waktu Parkir

Simak Alasan Tak Perlu Angkat Wiper Waktu Parkir Foto: Kipli

KabarOto.com - Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan saat memarkirkan mobil ketika di area terbuka adalah mengangkat wiper mobil. Sebenarnya menurut Almus Hidayat selaku Sales Manager PT Foerch Indonesia cara ini salah, malah bisa merusak komponen wiper mobil.

"Dalam tangkai wiper terdapat per dengan tekanan yang sudah terukur pabrik, berfungsi untuk menjaga bilah wiper tetap menempel ke permukaan kaca sehingga dapat menyapu air jika digunakan," katanya.

Baca Juga: Ketimbang Beli Jutaan, Wiper Ratusan Ribu Ini Punya Material Yang Bikin Awet

"Kalau tangkai wiper diangkat terus menerus dalam waktu lama akan merenggangkan per tangkai wiper. Jika per tangkai wiper renggang, bilah wiper tidak bisa menempel ke permukaan kaca secara maksimal bahkan bilah wiper bisa oblak pada saat diaktifkan," imbuhnya

Baca juga: Inilah Video Penampakan Mesin Potong Rumput Tercepat Dunia

Risiko lainnya adalah kerusakan pada engsel mekanisme penggerak tangkai wiper karena titik tumpu beban berada di satu titik saat tangkai wiper diangkat.

Sedangkan pada saat wiper diletakkan pada posisi normal distribusi titik berat menyebar ke seluruh komponen wiper. Dalam jangka panjang, mekanisme engsel tersebut akan mengalami kerusakan pada dinamo penggeraknya karena terbebani komponen wiper.