POPULAR STORIES

Mobil Bermasalah Saat Mudik? Ini Cara Agar Bisa Diklaim Asuransi

Mobil Bermasalah Saat Mudik? Ini Cara Agar Bisa Diklaim Asuransi

KabarOto.com - Musim mudik telah berakhir, warga Ibukota kembali beraktifitas seperti sediakala. Namun dari ribuan bahkan jutaan mobil yang digunakan, sudah tentu ada saja hal yang tidak diinginkan terjadi selama perjalanan. Entah itu bodi mobil baret atau lecet bahkan sampai penyok karena kecelakaan.

Tentunya pemilik mobil yang telah mengasuransikan kendaraannya segera mengklaim. Namun masalah yang sering dihadapi, klaim yang dilakukan tidak diterima oleh perusahaan asuransi karena berbagai hal.

Baca Juga: Cara Parkir Aman Agar Mobil Tak Baret

Untuk menghindari hal tersebut, Tanny Megah Lestari, Business Development Division Head Adira Insurance memaparkan bagaimana cara agar asuransi mobil berjalan lancar dan dibayarkan oleh pihak asuransi.

1. Pelanggan yang sudah memiliki polis harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis seperti telat melapor klaim dari batas waktu pelaporan, pengemudi tidak memiliki surat izin mengemudi, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausula pengecualian dalam polis atau asuransi.

2. Melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian.

3. Mobil milik pelanggan dipastikan tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum.

4. Jika pelanggan mengalami kecelakaan, jangan lupa memberikan bukti dengan mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraan Anda pasca kecelakaan.

5. Perhatikan terkait wilayah pertanggungan apakah sesuai dengan isi polis.

6. Jangan membuat kerusakan yang terjadi merupakan kerusakan yang disengaja oleh tertanggung.

7. Memahami penyebab kecelakaan ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung, anda juga perlu membaca dengan jelas mengenai polis-polis yang diberikan pihak asuransi.

Setiap tahunnya menurut dia, mudik saat lebaran memang terjadi peningkatan klaim asuransi mobil. Namun, jika melihat angka kecelakaan yang terjadi selama mudik yang semakin menurun.

"Kami pun juga optimis klaim asuransi mobil pasca mudik kenaikan tidak terlalu signifikan. Tidak hanya itu, infrastruktur jalan yang digunakan untuk mudik tahun ini juga jauh lebih baik,” tutup Tanny.

Baca Juga: Langkah-Langkah Atasi Baret Pada Velg Mobil

Tanny menjelaskan, bagi pelanggan Adira Insurance dapat melaporkan klaim melalui contact center Adira Care 1500 456 bahkan juga bisa menggunakan aplikasi via digital, Autocillin Mobile Claim Application.