Hasil MotoGP Spanyol, Akhirnya Marc Marquez Raih Podium Kemenangan

Hasil MotoGP Spanyol, Akhirnya Marc Marquez Raih Podium Kemenangan Foto: MotoGP.com

KabarOto.com - Setelah mengalami kecelakaan di GP Amerika pada seri balapan sebelumnya, akhirnya Marc Marquez (Repsol Honda) mampu meraih kemenangan di Sirkuit Jerez, Spanyol. Pembalap asal Spanyol tersebut tampil dominan dan berhasil mengalahkan Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Semenjak lomba dimulai, Marquez dan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) langsung melesat di depan. Setelah melewati belokan pertama, Marquez menempati posisi depan. Namun bukannya Dovizioso yang menempati tempat kedua, melainkan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT). Sementara Dovizioso terlempar di posisi kelima dibelakang Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Vinales.

Namun pembalap Quartararo dan Morbidelli tidak membiarkan Marquez melenggang sendirian, mereka berdua terus menempel. Sementara Vinales tertahan di posisi 6, dan Valentino Rossi (Monster energy Yamaha) tercecer di urutan 10.

Baca juga: Setelah Raih Podium, Jack Miller Membidik Kursi di Ducati?

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), awalnya merepotkan Marquez

Selanjutnya Quartararo menyalip Morbidelli, namun sayangnya pada lap ke-14, Quartararo melambat lantaran mengalami masalah pada transmisi. Dan tentu saja hal ini menguntungkan bagi Alex Rins (Suzuki Ecstar), yang berkesempatan mengambil posisi kedua.

Marquez masih di depan, dengan memperlebar jarak dengan urutan kedua sebanyak 3 detik. Sementara Vinales telah berhasil merangsek ke posisi ketiga. Dovizioso dan Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) berada di posisi 4 dan 5.

Baca juga: Sepele, Ini yang Membuat Penampilan Lorenzo Melempem di MotoGP Argentina

Alex Rins berhasil mengamankan posisi kedua

Pembalap veteran Valentino Rossi masih menunjukan kelasnya, menempati posisi enam dan berusaha terus untuk mencapai posisi tinggi selanjutnya. Inilah momen bagi Morbidelli untuk mengamankan posisinya, namun gempuran Rossi dan Cal Cruchlow (LCR Honda Castrol) untuk terus mengejar Morbidelli.

Dengan tiga lap tersisa, itu menjadi balapan dua pebalap yang memperebutkan tempat ketiga, Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) harus rela membiarkan Vinales dan Dovizioso menempati posisi 4 dan 5. Dan Rossi harus puas berada di posisi 6, dan posisi para pembalap ini tidak berubah hingga balapan usai.

Marquez begitu dominan sejak lap pertama, akhirnya memenangkan lomba di Sirkuit Jerez, Spanyol dan diikuti Rins meraih posisi kedua dan Vinales. Pembalap Yamaha itu naik podium pertamanya pada musim ini.

Hasil Lomba

1. Marc Marquez (Repsol Honda Team)
2. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 1.654
3. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 2.443
4. Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) + 2.804
5. Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) + 4.748
6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 7.547
7. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 8.228
8. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 10.052
9. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 10.274
10. Stefan Bradl (Team HRC) + 13.402