Aki Yamaha All New Nmax 155 Connected Sering Tekor, Ini Penyebabnya!

Aki Yamaha All New Nmax 155 Connected Sering Tekor, Ini Penyebabnya! All New Nmax 155 Connected (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Ketika aki All New Nmax 155 Connected tekor/mati, yang menyebabkan skutik tidak bisa dioperasikan secara keseluruhan. Pemilik bisa membuka jok dengan menggunakan kunci manual yang diberikan pabrikan motor.

Menurut keterangan mekanik resmi Yamaha di Depok menjelaskan bahwa biasanya saat membeli motor baru, khususnya Yamaha Nmax yang keyless. Itu dapat 1 kunci remot dan kunci pembuka jok manual 2, biasanya digunakan saat kondisi darurat.

Posisi aki All New Nmax 155 Connected

"Posisi untuk membuka jok darurat itu, ada di bawah jok persis. Bisa dibuka dengan kunci manual," jelasnya.

Baca juga: Yamaha Mio M3 Diberi Warna Lebih Trendy, Harga Rp17 Jutaan

Penyebab aki All New Nmax 155 Connected tekor

Menurut keterangan 2 mekanik resmi Yamaha di Tangerang dan Depok menjelaskan problem yang ditemukan di lapangan itu, berasal dari komponen CCU (Communication Control Unit) yang bermasalah.

"Masalahnya ada di CCU, Yamaha pusat sudah upgrade komponen ini, sparepart-nya sudah dikirimkan ke bengkel-bengkel resmi juga," ungkap mekanik tersebut.

Kabel CCU terbakar karena korsleting

Mekanik menjelaskan bahwa CCU ini berfungsi sebagai sistem kontrol unit untuk koneksi fitur Y Connect melalui smartphone.

"CCU yang bermasalah ini bisa mengakibatkan kerusakan pada 3 hal, yaitu korsleting, motor brebet dan aki drop. Bisa dibilang Yamaha Nmax dengan fitur Y Connect ini bikin aki cepat drop atau boros, karena ada tegangan yang ditarik oleh fitur ini," jelasnya.

Baca juga: Yamaha E-Vino 2023 Dapat Baterai Lebih Besar

Untuk mengatasi permasalahan ini, pemilik All New Nmax 155 Connected bisa datang ke bengkel resmi Yamaha, untuk melakukan pergantian CCU secara gratis.

CCU (Communication Control Unit)

"Aki yang digunakan oleh All New Nmax 155 Connected dengan fitur Y Connect itu sama dengan versi tanpa fitur tersebut. Kalau pemilik Yamaha Nmax tidak memerlukan fitur ini, bisa di non-aktifkan, caranya tinggal cabut kabel konektivitas CCU," tambahnya.

Selain cara tersebut, untuk mencegah aki All New Nmax 155 Connected ngedrop. Pemilik harus memastikan keyless dan remot dalam kondisi mati, saat skutinya di parkir dalam waktu yang lama.