Akibat PPnBM, Toyota Fortuner Dan Kijang Innova Makin Laris

Akibat PPnBM, Toyota Fortuner dan Kijang Innova Makin Laris Toyota Innova

KabarOto.com - Pemerintah mulai memberlakukan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil dengan mesin 1.500 cc. Hal itu, untuk mendongkrak penjualan mobil yang menurun akibat Pandemik Covid-19.

Pemberian insentif tersebut, membuahkan hasil. Agen Pemegang Merek (APM) yang produknya mendapat relaksasi tersebut, mencatatkan peningkatan penjualan. PT Toyota Astra Motor (TAM) salah satunya, mereka mencatatkan penjualan ritel pada Maret yang tumbuh 26.445 unit.

Baca Juga: Toyota Land Cruiser Terbaru Tertangkap Kamera Tanpa Kamuflase

Angka tersebut meningkat 111% dibandingkan bulan Februari yang hanya mencapai 12.537 unit. "Tumbuhnya penjualan, didorong oleh diskon PPnBM yang berlaku sejak 1 Maret lalu," terang Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto.

Toyota Fortuner

Henry pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mendukung industri otomotif dengan memberikan relaksasi PPnBM. Kami bersyukur kebijakan ini memberikan dampak positif terhadap Industri otomotif," terang pria ramah ini Jumat lalu (23/4).

Dia membeberkan, Maret lalu, TAM membukukan penjualan ritel lebih dari 26.000 unit, dengan market share 34,1%. "Penjualan tumbuh 111% dibandingkan Februari, juga meningkat 48,7% jika dibandingkan Maret tahun lalu," tambah dia. Melihat hasil ini, Henry pun optimis pasar otomotif nasional akan bangkit dan kembali bergairah secara bertahap.

Baca Juga: Toyota GR010 Hybrid Hypercar, Terapkan Regulasi Baru

Sementara itu, Toyota Fortuner dan Kijang Innova yang sudah masuk ke dalam kebijakan relaksasi PPnBM ini sejak bulan April ini, pemesanannya sudah mulai meningkat. Pada periode 1-20 April, SPK Fortuner naik sebesar 71% dan Kijang Innova naik 109%.