POPULAR STORIES

Toyota GR010 Hybrid Hypercar, Terapkan Regulasi Baru

Toyota GR010 Hybrid Hypercar, Terapkan Regulasi Baru

KabarOto.com - FIA World Endurance Championship (WEC) 2021 sudah mulai memunculkan banyak kompetitor, salah satunya dari Toyota Gazoo Racing.

Sedianya 1 Mei mendatang akan digelar 6 Hours of Spa-Francorchamps di Belgia, sebagai bagian road to Le Mans 24 Hours. Toyota Gazoo Racing memperkenalkan pengembangan baru Toyota GR010 Hybrid Hypercar.

Baca juga: Toyota Gazoo Racing Perkenalkan GR010 HYBRID Hypercar

Toyota Gazoo Racing menjadi yang pertama hadirkan Hypercar pada tahun 2021 bersanding Scuderia Cameron Glickenhaus, sedangkan Audi, Ferrari, Peugeot dan Porsche akan menyusul tahun depan.

Adapun Toyota GR010 Hybrid Hypercar diyakini siap memulai debutnya untuk mempertahankan titel sekaligus melanjutkan kemenangan keempat di Le Mans 24 Hours tanpa ada ubahan formasi pembalap.



Oh iya, musim keempat ini di Toyota GR010 Hybrid Hypercar bernomor 7 akan dikendarai Juara Dunia Mike Conway, Kamui Kobayashi dan Jose Maria.

Sedangkan mobil bernomor 8 GR010 Hybrid Hypercar akan dikendarai Juara tahun lalu Sebastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Brendon Hartley.

GR010 Hybrid Hypercar sudah dikembangkan sejak Oktober 2020, melakukan pengetesan ekstrem di tiga sirkuit berbeda. Dua hari pengujian resmi Prologue akan dilangsungkan dua hari pada awal pekan ini, (26-27/4), di sirkuit legendaris Belgia.



Perihal spesifikasinya, diklaim Toyota Gazoo Racing bakal lebih beringas. Motor generator di bagian depan sajikan 268 dk, sistem gerak empat roda akan berfungsi ketika laju di atas 120 kpj.

Mesin bakarnya adalah 3.500 cc berkonfigurasi V6 bertenaga 670 dk, namun suplai bahan bakar dibatasi. Memang sangat kontras bila dibandingkan mobil musim lalu TS050 Hybrid, lebih ringan 162 kg dan tenaganya 986 dk.

Tentunya ada depresiasi performa membuat pembalap harus membiasakan diri, sedangkan para teknisi memastikan performa tetap konstan sepanjang balapan, serta saat menyalip LMP2 atau mobil GT yang lajunya lebih pelan.



Regulasi anyar juga harus membuat tim kian ramping, menjadi hanya 43 orang di paddock. Tentunya ini membuat biaya lebih hemat serta menjadikan para mekanik dan kru meningkatkan standar saat balapan.

Semua regulasi baru akan diterapkan di Prologue yang berlangsung di Spa-Francorchamps, Belgia.

Baca juga: Ini Asal Muasal Penamaan Toyota Gazoo Racing

"Sekarang adalah tantangan terbaru dan memulai tahapan kedua, hasrus meningkatkan daya saing sebagai tim untuk mencapai batasan mobil Hybrid," ujar Hisatake Murata, Team President TGR.

Dirinya juga menyatakan bahwa keterlibatan Toyota Gazoo Racing ini untuk menghadirkan beragam mobil sport menarik serta masa depan konsumen Gazoo Racing.