Alasan Klasik Jaguar Tak Pasarkan Mobil Diesel Di Indonesia

Alasan Klasik Jaguar Tak Pasarkan Mobil Diesel di Indonesia  Jaguar F-Pace dengan mesin 2.0 liter (Istimewa)

KabarOto.com - Siapa tak kenal produsen mobil mewah Jaguar? Kendaraan berloga binatang buas ini, sering terlihat mengaspal, khususnya di kota-kota besar. Tetapi, apa alasan perusahaan otomotif asal Inggris Raya itu belum menjual kendaraan bermesin diesel di Indonesia.

Seperti halnya Jaguar F-Pace yang baru diluncurkan, memiliki mesin dengan kapasitas besar 2.0 liter. Lagi-lagi, mobil saloon mewah dan olah raga itu, tetap tidak menggunakan mesin diesel.

Baca Juga:

Manajer Perencanaan Produk, Pengelolaan Produk dan Pengembangan Jaringan PT Wahana Auto Ekamarga (WAE), Tommy Handoko, menjelaskan, ada dua faktor kenapa Jaguar Indonesia tidak menghadirkan model dengan menggunakan mesin diesel.

Faktor pertama karena menurut pengamatan pihaknya, konsumen Jaguar Indonesia lebih memilih mesin bensin ketimbang diesel.

"Persepsi dari publik kita ya. Maksudnya dari kustomer kita yang premium ini untuk kendaraan F-Pace persepsi diesel masih agak kurang secara umum. Jadi, kustomer lebih prefer ke petrol (bensin) dari pada diesel," ujarnya kepada awak media di Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Lalu faktor kedua, lanjut kata Tomy, kualitas bahan bakar diesel di Indonesia dinilai masih kurang mumpuni. Selain itu, untuk memasukkan model dengan mesin diesel ke Indonesia perlu persetujuan Jaguar pusat.

"Masalah dari kualitas fuel (solar) ya. Jadi untuk suatu engine atau model di Indonesia butuh approval dari regional kita. Jadi, itu karena terkait warranty, servis, dan lainnya. Jadi memang diesel menunggu approval," tambahnya.