Begini Alasan Penggunaan Pelek dan Spoke Berwarna saat Balapan

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 24 Jan 2018 - 14:22
Begini Alasan Penggunaan Pelek dan Spoke  Berwarna saat Balapan
Pelek dan spoke warna (kabarOto)

KabarOto.com - Berbagai lapisan masyarakat, baik pelajar maupun orang umum, tengah menggandrungi ajang balap motor. Hal ini terlihat banyaknya pihak yang menggelar road race sebagai ajang untuk mengasah dan menghadirkan talenta muda sebagai cikal bakal pebalap nasional maupun internasional.

Di balik itu tahukah Anda mengapa dalam ajang road race pelek dan spoke (jari-jari pada pelek) berwarna?.

Menurut Wansko dari rumah bengkel Dwayne Racing Motor, penggunaan warna pada bagian kaki-kaki motor berguna bagi official, crew dan teknisi untuk mengenali pebalapnya saat di lintasan.

Baca Juga: Baut Ini Bikin Ciamik Modifikasi

"Ketika riders turun dalam ajang balap, antara pebalap satu dengan lainnya terkadang menggunakan safety gear dan kendaraan yang hampir sama warnanya, dan untuk memudahkan kita mengenali rekan pebalap dari tim kita salah satunya dengan memperhatikan warna pelek dan spoke yang digunakan." Ungkap Wansko kepada KabarOto Rabu (24/1/2017).

Selain memudahkan tim untuk memantau pebalapnya yang turun di lintasan balap, lantaran bodi dan papan nomor start tak lagi bisa diidentifikasi, efek kecepatan motor saat melintas, penggunaan warna pelek dan spoke juga akan mempengaruhi motor dari sisi tampilan.

"Selain kegunaannya mempermudah tim dalam memantau pebalap saat berada di lintasan, dengan menggunakan warna pada pelek dan spoke, juga memberikan nilai lebih pada tampilan kendaraan. Motor akan terlihat lebih indah dan cantik dengan pemilihan warna yang pas."

Editor : ballian