POPULAR STORIES

Alasan Suzuki Bawa Teknologi Hybrid Ke Indonesia

Alasan Suzuki Bawa Teknologi Hybrid ke Indonesia Hybrid disematkan oleh Suzuki pada model Ertiga

KabarOto.com - Pemerintah mulai mencanangkan energi bersih tanpa polusi. Salah satunya dengan kendaraan listrk ramah lingkungan. Namun sejumlah pabrikan mobil belum sepenuhnya memproduksi mobil listrik.

Teknologi Hybrid menjadi langkah awal perusahaan otomotif menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. Dan nantinya, mereka akan memproduksi dan menjual mobil listrik full baterai.

Baca juga: Suzuki Ertiga Hybrid Segera Diluncurkan, Intip Dulu Teknologinya

Salah satunya adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Sebelum menghadirkan mobil listrik full baterai, mereka akan menerapkan teknologi smart hybrid untuk kendaraannya.

Suzuki Ertiga menjadi LMPV andalan mereka yang dibekali dengan teknologi tersebut. Mereka menyebutnya, Suzuki Ertiga Hybrid, dan diperkenalkan secara resmi pada Jum'at (10/6).

Lithium baterai yang digunakan pada Suzuki Hybrid (Foto: KabarOto)

Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS beberapa waktu lalu mengatakan, saat ini industri otomotif memasuki era elektrifikasi.

"Kami perkenalkan teknologi Suzuki Smart Hybrid, lebih modern, efisien dan kompak," terangnya. Menurut dia, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Suzuki Smart Hybrid diyakini bisa diserap dengan baik oleh pasar. Sebelumnya, SIS sudah mengungkap Smart Hybrid di GIIAS 2021. Dan pada IIMS Hybrid 2022, prototipe dengan bentuk sasis dan mesin diboyong ke pameran yang berlangsung Maret 2022 itu.

Suzuki Smart Hybrid dibuat untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, memanfaatkan dua komponen elektrifikasi. Cara kerjanya mendampingi mesin pembakaran bensin.

Baca juga: Suzuki Ertiga Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Berapa Uang Mukanya?

Komponen itu adalah Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. “Kami kembangkan teknologi tersebut dari riset internal," tambah Donny.

Smart Hybrid yang disematkan pada Ertiga juga menyesuaikan pangsa pasar dan tren otomotif Indonesia. Tujuannya, memenuhi kebutuhan konsumen akan advanced technology. SIS mengklaim lebih efisien dan ramah lingkungan.