Alasan Suzuki Tidak Produksi Jimny Di Indonesia

Alasan Suzuki Tidak Produksi Jimny di Indonesia

KabarOto.com - Suzuki Motors Corporation menunjuk Maruti Suzuki untuk segera memproduksi Suzuki Jimny generasi keempat yang laris di pasaran. Mobil yang akan diproduksi di pabrik Gurgaon, India itu, nantinya untuk kebutuhan domestik di India dan juga beberapa negara lainnya. Namun Maruti Suzuki tidak menyebutkan negara mana saja yang menjadi tujuan ekspor.

Lalu, kenapa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai APM resmi di Indonesia tidak ditunjuk untuk memproduksi mobil legendaris tersebut?

Komisioner PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Soebronto Laras, mengatakan, banyak hal yang membuat Suzuki Jimny tidak bisa diproduksi di Indonesia. Salah satunya, menurut dia mobil berpenggerak empat roda (four wheel drive) ini pajaknya mahal.

Baca Juga: Suzuki Resmi Menjual Jimny Di GIIAS 2019, Harga Mulai Dari Rp315,5 Juta

"Kalau tetap bertahan dengan Jimny yang sekarang kan FWD. Ya problemnya seperti saat ini. Harga jualnya sangat mahal. Kan tidak mungkin kalau Jimny di produksi di Indonesia jadi 4x2," jelas Soebronto Laras di Senayan, Jakarta. pabrik Suzuki di Indonesia kapasitasnya lebih kecil dibandingkan India. Maruti India memiliki kapasitas produksi lebih besar, sampai dengan 2 juta unit.

"India itu kan punya kapasitas produksi 2 juta unit mobil. Kalau pabrik Suzuki di Indonesia hanya mempunyai kapasitas produksi kira-kira 240 ribu unit. Itu dua pabrik di Tambun dan Karawang, ya!" tambahnya.

Suzuki Jimny memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Selama lebih dari 40 tahun berkiprah di pasar domestik, Suzuki Jimny dikenal sebagai mobil off-road yang terbukti lincah dan tangguh untuk menghadapi segala medan jalan di Tanah Air.

Suzuki Jimny generasi keempat ini resmi dijual di Indonesia pada ajang GIIAS Agustus 2019 tahun lalu. Suzuki Jimny generasi keempat ini diluncurkan untuk mengapresiasi penggemar yang suka offroad. Didukung dengan fitur-fitur modern dan performa berkualitas namun tetap mewariskan identitas mobil ini sebagai kendaraan offroad," terangnya.

Baca Juga: Perjalanan Suzuki Jimny Di Indonesia Sejak 1979

Suzuki Jimny Dual Tone A/T dibanderol dengan harga Rp 330 juta sementara untuk M/T dijual dengan harga Rp 317,5 juta. Suzuki Jimny Single Tone Rp 328 juta untuk A/T dan Rp 315,5 juta untuk M/T.