All New Volkswagen Multivan, Pilihan Terbaru Mobil Keluarga

All New Volkswagen Multivan, Pilihan Terbaru Mobil Keluarga

KabarOto.com - Volkswagen Commercial Vehicles memperkenalkan kendaraan anyar bagi para konsumen di Eropa berupa All New Volkswagen Multivan. Banyak hal yang segar di Multi Purpose Vehicle (MPV) ini mulai dari eksterior, interior, konektivitas dan untuk kali pertama disajikan pilihan sumber tenaga hybrid.

Hadirnya All New Multivan ini sejatinya untuk menggantikan posisi Volkswagen Caravelle. Berikan kenyamanan maksimal untuk tujuh penumpang, kepraktisan serta keselamatan ketika diperlukan. Selain itu bisa digunakan untuk mengantar sekolah hingga tamasya ke tempat yang jauh.

Baca juga: Volkswagen Transporter T6.1 Sportline Black Edition, Blind Van Bergaya Sport



Yup, All New Multivan memang disuguhkan untuk konsumen di Inggris saja. Tapi tetap mengedepankan apa yang sudah dikenal konsumen standar dari Volkswagen Caravelle.

Tak lagi dibagun dari platform Transporter, karena All New Multivan memang dibuat dari dasar gunakan platform Volkswagen Group MQB. Tapi tetap, tak melupakan sejarah Transporter sebagai kendaraan serbaguna ketika diperkenalkan tahun 1985.

Hal ini terlihat dari tarikan desain garis horizontal dan gril melebar serta lampu depan, memang terlihat era modern dan lebih dinamis. Pilar A dibentuk ulang agar hadirkan jarak pandang lebih luas. Kisi udara di bagian depan, diberi warna serupa dengan mobil, terinspirasi dari kisi pendingin mesin belakang, meskipun kini sudah aplikasi hybrid.



Oh iya Sob! Dimensinya dikemas dengan panjang 4.973 mm, lebar 1.941 mm dan tinggi 1.903 mm. Sedangkan jarak sumbu roda 3.124 mm. Nah, bila ingin yang ukurannya lebih memadai, disuguhkan panjang 5.173 mm.

Didesain untuk tetap hadirkan aerodinamika dan kian efisien penggunaan bahan bakar dan banyak pilihannya. Pelek disuguhkan ukuran 19 inci, sementara pilihan modelnya "Multivan", "Life", dan "Style".



Pengalaman berkendara dengan All New Multivan ini pastinya lebih mantap, berkat atap panorama, gunakan LowE laminated safety glass. Dijamin pelapis tersebut memberikan perlindungan radiasi panas hingga 44%. Pelapis kaca ini juga digunakan di seluruh bagian kaca.

Pendaran All New Multivan, gunakan LED sebagai standar, tapi bila ingin lebih keren bisa dipilih IQ Light - LED matrix.



Penataan kabin lebih resik dan lebih fungsional dan ergonomis bagi seluruh awak kabin. Seperti bobot jok lebih ringan 25%, sehingga akses lipat lebih mudah. Jok baris kedua bisa diputar 180 derajat, sehingga dengan penumpang belakang bisa saling berhadapan.

Muata barang di bagasi bisa menyediakan 469 liter yang berada di belakang baris ketiga. Tapi bila ingin lebih besar lagi, bisa menjadi 1,844 liter (jok ketiga terlipat). Bisa lebih besar lagi menjadi 3.672 liter (jok kedua dan ketiga terlipat). Sementara untuk tipe beratap panorama bisa menjadi 4.053 liter.

Di ruang kokpit dijumpai layar lebar 10,25 inci dan layar sentih infotainment hanya berukuran 10 inci. Tuas transmisi minimalis shift-by-wire DSG. Ada soket mungil USB-C sebagai standar, dan ada tatakan sebagai induksi pengisian ponsel. Head-up display untuk kali pertama disajikan di Volkswagen Commercial Vehicles.



Kuping penumpang dimanjakan oleh tatanan audio racikan Harman Kardon yang memang disajikan khusus untuk All New Multivan. Ada 14 speaker high-end dengan panel laser-cut, amplifier 16-channel Ethernet dengan 840 watt. Empat setelah suara gunakan ‘Fraunhofer Sonamic Panorama Algorithm’.

Oh iya, tak mengesampingkan performa mesin All New Multivan yang diklaim mampu melakukan towing 2.000 kg. Ada tiga pilihan mesin termasuk untuk kali pertama ada Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Multivan eHybrid merupakan kombinasi mesin bensin 1.4 TSI bertenaga 148 dk dan gabungan motor listrik 114 dk, kombinasi tersebut sampai ke roda terukur 215 dk. Bisa melaju senyap dan tanpa emisi, alias andalkan motor listrik saja.

Baca juga: Volkswagen Transporter T6.1 Sportline Black Edition, Blind Van Bergaya Sport



Baterai listrik berkapasitas 13kWh lithium ion berada di bagian lantai kain, tanpa mengganggu kelegaan kabin. Sistem pengisian ulang baterai berada di bagian depan kanan Multivan.

Sistem gerak roda depan Multivan juga tersedia dengan sepasang mesin empat silinder turbocharger 1.500 cc TSI 134 dk dan 2.000 cc TSI 201 dk. Sementara empat pilihan turbo diesel mulai dari tenaha 148 dk akan menyusul tahun depan. Kesemuanya gunakan transmisi tujuh percepatan DSG.