Amerika Wajibkan Kamera Mundur Sebagai Peralatan Standar Mobil

Amerika Wajibkan Kamera Mundur sebagai Peralatan Standar Mobil Ilustrasi kamera Mundur (KO)

KabarOto.com - Untuk meningkatkan keselamatan mengemudi, mulai Mei ini setiap mobil yang dijual di Amerika serikat, wajib memiliki fitur kamera mundur sebagai perlengkapan standar.

Seperti dilansir dari laman Car and Driver, langkah ini merupakan bagian dari proses standarisasi yang dikeluarkan empat tahun lalu oleh Departemen Transportasi AS (DOT), bersama Badan Keselamatan Lalu Lintas AS (NHTSA).

Dengan adanya kamera mundur sebagai perangkat standar dalam mobil, diharapkan dapat membantu pengemudi dalam keterbatasan pandangan, khususnya saat memundurkan kendaraan. Sehingga mengurangi risiko kecelakaan akibat objek yang tidak dapat terlihat saat mundur.

"Kami membutuhkan waktu 10 tahun untuk dapat memasukkan fitur ini (kamera mundur) ke dalam mobil," ujar Peter Kurdock Wakil Penasihat Umum Kelompok Advokat untuk keselamatan Jalan Raya.

Menurutnya, usulan agar kamera mundur menjadi perangkat wajib di tiap mobil yang dijual di AS, sudah ia sampaikan mulai dari masa pemerintahan George W.Bush, dan usulan tersebut baru bisa diimplementasikan tahun ini.

Baca Juga: Kamera 360 Derajat Ini Bikin Parkir Mobil Jadi Gampang

Selanjutnya, kelompok tersebut bersama perwakilan konsumen mobil lainnya, akan mempertimbangkan untuk membuat sejumlah fitur keselamatan aktif lainnya sebagai peralatan standar pada mobil baru. Seperti lane depature warning, blind spot warning, dan automated emergency braking (AEB) serta peringatan tabrakan depan.

Tampaknya rencana tersebut mendapat respon positif dari beberapa pabrikan mobil, yang menjanjikan AEB sebagai peralatan standar pada mobil mereka pada 2022.

Dua produsen mobil asal Jepang, juga telah mulai menampilkan teknologi keselamatan aktif barunya dalam line up mereka, seperti Honda dengan Sensing Suite, dan Toyota dengan Safety Sense.

Berita Terkait

Berita Terkait