POPULAR STORIES

Anak Perusahaan Google Luncurkan Mobil Tanpa Sopir

Anak Perusahaan Google Luncurkan Mobil Tanpa Sopir Waymo (Istimewa)

KabarOto.com- Waymo, anak perusahaan mesin pencari asal Amerika Serikat, Google, mengumumkan telah melakukan uji mobil tanpa sopir di jalanan umum, di satu wilayah Amerika Serikat.

Dilansir dari Carscoops, Rabu (8/11/17), teknologi ciptaan Waymo ini diklaim sebagai lompatan besar dalam industri otomotif, karena kebanyakan kendaraan otonom memerlukan perhatian pengemudi yang bisa mengendalikan jika terjadi kesalahan sistem.

Baca Juga:

Sebelumnya, selama delapan tahun pengembangan projek, perusahaan masih menggunakan perhatian pengemudi. Namun, saat ini Waymo memastikan, pengemudi tidak lagi dibutuhkan.

Sejak 2009, Waymo telah mengemudikan mobil secara otonom lebih dari 3,5 juta mil dan perusahaan telah menguji mobil lebih dari 20.000 skenario kejadian yang biasa terjadi di jalan raya.

Selain skenario di dunia nyata, Waymo juga menciptakan simulasi mobil yang menempuh jarak lebih dari 10 juta mil setiap hari.

Waymo menjamin teknologi mobil otonom tanpa pengawasan pengemudi tidak akan menimbulkan masalah karena Waymo menyematkan mobil tersebut dengan sistem kemudi, pengereman, komputer dan tenaga cadangan. Sistem dirancang untuk membawa kendaraan ke tempat pemberhentian jika terjadi keadaan darurat.

Dalam beberapa bulan ke depan, Waymo bakal mengundang anggota program pengendara awal untuk menggunakan kendaraan otonom sepenuhnya.