Ancaman Virus Corona Akan Bunuh Pabrikan Renault

Ancaman Virus Corona akan Bunuh Pabrikan Renault Foto: Kipli

KabarOto.com - Menjadi salah satu industri yang terdampak pandemi Corona Covid-19, pabrikan otomotif Renault terancam gulung tikar karena krisis ekonomi yang dialami.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire seperti dilansir Reuters. Ia juga menegaskan, pabrikan harus segera mencari bantuan agar bisa bertahan.

"Iya, Renault bisa menghilang," katanya singkat. Telah menjalin aliansi dengan Nissan selama dua dekade terakhir, informasi yang beredar juga menyebut pabrikan otomotif asal Jepang tersebut akan memangkas 20 ribu pekerja di Eropa. Harus segera bangkit, Le Maire meminta Renault untuk segera beradaptasi dengan situasi yang terjadi dan mempertahankan pabriknya di Prancis.

Baca Juga: Akhirnya Konsumen Akan Dapatkan Renault Triber

Untuk mencari jalan keluar, Pimpinan Renault, Jean-Dominique Senard sedang menyiapkan strategi terbaru, salah satunya menunggu persetujuan pinjaman dari Prancis.

Meski sebagian sahamnya dimiliki Pemerintah Perancis, Le Maire belum memberikan persetujuan terkait pinjaman dana. Hal ini terkait peningkatan produksi dan hadirnya mobil ramah lingkungan di negara tersebut. Bersama aliansi Nissan, pabrikan akan segera mengumumkan langkah yang akan ditempuh untuk keluar dari krisis saat ini.

Adapun pinjaman dana dari pemerintah Prancis adalah Renault harus menerima saran untuk ikut dalam kepemilikan saham pengembangan aliansi baterai mobil yang digagas Pemerintah Prancis dan Jerman. Setidaknya kucuran dana talangan 5 miliar euro bisa didapat dan dialihkan untuk memperbaiki keuangan perusahaan.