Andrea Dovizioso Juarai MotoGP Qatar Usai Pecundangi Marquez

Andrea Dovizioso Juarai MotoGP Qatar Usai Pecundangi Marquez Pembalap tim Ducati, Andrea Dovizioso menerima perlawanan sengit dari pembalap Repsol Honda, Marc Maquez (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images AsiaPac)

KabarOto.com - Pembalap tim Ducati, Andrea Dovizioso meraih podium pertama seri perdana MotoGP Qatar, Senin (19/3/2018). Dalam perlombaaan yang digelar di Sirkuit Internasional Losail itu, Dovi sukses mempecundangi Marquez di laps terakhir dengan hanya selisih waktu 0,027 detik demi memastikan raihan gelar pertamanya di musim 2018.

Jalannya Balapan:

Pembalap Yamaha Tec3, Johann Zarco yang start dari posisi pertama langsung menggebrak balapan yang berlangsung pada malam hari tersebut. Zarco terus memberikan penampilan impresif diikuti Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa yang berada tepat di belakang.

Marquez dan Rossi sempat terlibat aksi saling salip saat memasuki lap ke-15. Sementara pembalap asal Malaysia, Hafizh Syahrin tengah berjuang di posisi ke-16 bersama YZR-M1.

Pada laps 11, pembalap tim Ducati, Andrea Dovizioso mulai memberikan ancaman kepada tiga pembalap terdepan. Dovi yang semula berada di posisi keempat kini mampu berada di posisi kedua usai menyalip Marquez dan Rossi, sementara posisi pertama masih dipegang Zarco.

Baca Juga: Resmi! Rossi Bertahan di Yamaha Hingga 2020

Memasuki laps ke-10, pembalap Suzuki, Alex Rins mendapatkan insiden terjatuh dari motornya di tikungan turn ke-2. Tak berselang lama, Jorge Lorenzo mengalami nasib serupa, terjatuh dari motor Desmocedici di tikungan turn ke-5.

Masih di laps ke-10, Zarco berhasil kembali mengambil alih posisi pertama dari tangan Dovizioso. Marquez dan Rossi masih setia berada di belakangnya. Sementara di tempat keempat, kelima dan keenam dihuni Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, dan Dani Pedrosa.

Ketika balapan tinggal menyisakan lima laps, Andrea Dovizioso mengambil alih posisi terdepan diikuti Marquez dan Valentino Rossi. Sementara Zarco yang semula di depan, mulai kehabisan tenaga dan perlahan mundur hingga di posisi kedelapan.

Baca Juga: Sambut MotoGP 2018, Rossi Luncurkan Desain Hem Baru

Saat memasuki laps terakhir, Dovi mendapatkan perlawanan sengit dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Dovi dan Marquez berulang kali terlibat aksi salip menyalip hingga puncaknya di tikungan terakhir.

Keunggulan motor Desmocedici yang sangat cepat di trek lurus membuat Dovi berhasil unggul tipis dengan selisih waktu 0,027 detik dari Marquez saat menyentuh garis finish.

Hingga akhirnya podium pertama berhasil diraih pembalap tim Ducati, Andrea Dovizioso. Posisi kedua ditempati rider Repsol Honda, Marc Marquez , sementara Valentino Rossi berada di posisi ketiga.

Hasil Balapan Race Perdana MotoGP Qatar 2018:

©MotoGP