POPULAR STORIES

Angka Naik, Kemenperin Bilang Penjualan Otomotif Indonesia Segera Pulih

Angka Naik, Kemenperin Bilang Penjualan Otomotif Indonesia Segera Pulih

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengaku terus memacu kinerja industri otomotif di tengah pandemi Covid-19 agar sektor yang dinilai strategis tersebut dapat kembali berkontribusi signfikan bagi perekonomian nasional.

“Kami optimistis bahwa kinerja industri otomotif berkembang positif pada semester II tahun ini. Periode sebelumnya terjadi perlambatan karena dampak dari pandemi Covid-19,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (17/09).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterimanya, penjualan mobil dalam tiga bulan terakhir menunjukkan tren meningkat. “Penjualan mobil secara ritel atau dari diler ke konsumen pada Agustus sebanyak 37 ribuan unit, naik dibandingkan Juli sebesar 35.799 unit,” tuturnya.

Baca Juga: Mobil Baru Di Indonesia Bebas Pajak, Ini Tanggapan BMW Dan Toyota

Tak hanya itu, penjualan wholesales atau distribusi dari Agen Pemegang Merek (APM) ke diler pada Agustus 2020 tercatat 37.277 unit, naik 47% dibandingkan penjualan Juli 2020 yang mencapai 25.283 unit. “Artinya, sudah ada rebound pemulihan, pasar kembali spending uangnya untuk beli mobil dan motor,” tambah Agus.

“Industri otomotif telah mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang sangat besar, lebih dari 1 juta orang, dan merupakan salah satu sektor prioritas dalam agenda nasional pada peta jalan Making Indonesia 4.0,” tutup Agus.