Angka Pencurian Konverter Katalitik Terus Meningkat Di Inggris

Angka Pencurian Konverter Katalitik Terus Meningkat di Inggris

KabarOto.com – Kota-kota besar di Inggris Raya di teror tindak kejahatan berupa pencurian konverter katalitik yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Konverter katalitik adalah alat pengendali emisi buangan yang mengubah gas dan polutan beracun pada gas buangan menjadi polutan yang tidak terlalu beracun dengan mengkatalis reaksi redoks (reaksi oksidasi dan reduksi). Konverter katalitik digunakan dalam mesin pembakaran internal berbahan bakar minyak atau diesel.

Pada periode tahun 2017 hingga 2020, pencurian konverter katalitik di London mencapai 15.237 kasus. Catatan tersebut, membuat London menjadi kota dengan tindak pencurian konverter katalitik terbanyak di Inggris. Birmingham menjadi kota kedua terbanyak dengan 320 kasus pencurian, dan Coventry sebanyak 287 kasus di periode yang sama.

Baca Juga : Habis Daya Mobil Listrik Di Tengah Jalan, Manfaatkan Layanan Emergency Mobile Charging Hyundai

Melansir data Kepolisian setempat, pada bulan Agustus 2019 dan 2020 terjadi peningkatan enam kali lipat dalam kasus ini.

Kota Warrington yang menjadi area ke-14 dalam kasus ini mengalami peningkatan, antara tahun 2018/19 hanya ada satu kasus yang dilaporkan, sedangkan tahun 2019/20 ada 28 kasus pencurian konverter katalitik.

Peningkatan terbesar kedua terjadi di Wolverhampton, menjadi peringkat kedelapan secara keseluruhan. dari empat kasus pada 2018/19, menjadi 63 pada tahun finansial terakhir. Sedangkan, kota Conventry mengalami peningkatan 65,2%.

Modus pencurian konverter katalitik dapat dilakukan dalam hitungan detik dari bagian bawah mobil. Banyaknya kasus pencurian ini di sebabkan oleh ada kandungnan logam mulia pada komponen tersebut.

Baca Juga : Tesla Model X Kena Recall Di Tiongkok, Atap Mobil Berpotensi Lepas

Konverter katalitik dapat dicuri dari bawah mobil dalam hitungan detik dan berharga karena logam mulia yang terkandung di dalamnya. Akibat pencurian ini, korban harus melakukan perbaikan mobil yang memakan biaya cukup banyak, yakni £ 2.000 dan £ 3.000.

Dan Hutson, kepala asuransi motor di CompareTheMarket.com, mengatakan, "Statistik ini tinggi dan nilai logam dalam konverter katalitik telah meningkat secara signifikan, mengakibatkan suku cadang mobil yang sebelumnya tidak menarik bagi pencuri tiba-tiba menjadi sangat berharga.”

Salah satu solusi untuk pencurian konverter katalitik adalah perangkat bernama Catloc, yang didukung oleh Toyota dan pabrikan lain. Perangkat keamanan ini dapat dipasang di sekitar konverter katalitik, sehingga lebih sulit bagi komponen untuk dicuri.

Berita Terkait

Berita Terkait