POPULAR STORIES

Antisipasi Puncak Arus Mudik 2023, Polri Siap Berlakukan One Way

Antisipasi Puncak Arus Mudik 2023, Polri Siap Berlakukan One Way    Ilustrasi mudik (Jasa Marga)

KabarOto.com - Sebagai langkah antisipasi, pihak kepolisian telah menyiapkan pemberlakuan sistem one way atau satu arah pada puncak arus mudik Lebaran 2023, yang diprediksi terjadi pada 19-21 April 2023.

“Kami pihak kepolisian akan memberlakukan sistem oneway pada tanggal 18 April mulai dari kilometer 72 hingga kilometer 414. Karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho.

Baca Juga : Buka Tutup Tol Layang MBZ Saat Mudik Berdasarkan Diskresi Kepolisian

Sandi melanjutkan, pihaknya juga sudah menyiapkan sistem one way untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik. Puncak arus balik diprediksi akan terjadi 24-25 April 2023 atau H+2 dan H+3 Lebaran, dan 29 April-1 Mei 2023.

“Nanti juga akan diberlakukan sistem one way untuk arus balik, mulai dari kilometer 414 hingga kilometer 72,” ujarnya.

Pihak Kepolisian juga sudah menentukan titik-titik krusial yang berpotensi ada masalah saat terjadi lonjakan mudik Lebaran 2023, terutama untuk jalur tol Trans Jawa. Adapun, titik rawan kemacetan di jalur tol Trans Jawa terdapat di tol Cipali, serta rest area Sumatera dan Jawa.

Rest Area Cipali (KabarOto)


Menurutnya, untuk jalur Sumatera ada beberapa titik kemacetan yang perlu diantisipasi, di antaranya Indralaya - Palembang. Sementara untuk rest area jalur Jawa berada di tol Cipali.

“Untuk di Pelabuhan Merak dari pengalaman tahun lalu, angkutan lebaran sempat terjadi kepadatan,” jelasnya.

Selain jalur tol Jawa dan Sumatera, titik krusial lainnya yang menjadi perhatian Polri yakni jalur arteri di pulau Jawa. Menurutnya, jalur utama yang digunakan roda dua dan alternatif roda empat juga berpotensi terjadi kepadatan.

Hal ini bisa menjadi penyebab kecelakaan dan gangguan kamtibmas. Lebih lanjut, untuk lokasi wisata juga terjadi lonjakan pengunjung.

Baca Juga : Kantong Parkir Hingga Toilet Di Tol Cipali Ditambah Jelang Musim Mudik 2023

“Bila terjadi kemacetan, kita akan mengurai dengan melakukan rekayasa lalu-lintas yakni contraflow, oneway dan juga ganjil-genap,” terangnya.

Sandi menambahkan, untuk Operasi Ketupat Idul Fitri 2023, Polri akan menurunkan 148.211 personel. Pelibatan kekuatan baik dari Mabes Polri sebanyak 1.240 personel, Polda 91.153 personel dan intansi terkait sebanyak 55.818 personel.