Apa Komentar Pembalap Julian Johan Tentang Offroad Di Tanah Air?

Apa Komentar Pembalap Julian Johan Tentang Offroad di Tanah Air? Foto: Kipli

KabarOto.com - Olahraga motorsport yakni Offroad, kian digemari berbagai kalangan. Jika dahulu olahraga ini identik dengan dunia orang tua, lain halnya dengan kondisi sekarang, milenial mulai gemar menggeluti bidang
ini.

Terkait fenomena tersebut, pembalap rally dan offroad Julian Johan angkat bicara. "Iya, maka dari itu kita buat sharing session seperti ini, agar mereka (yang baru mulai) dapat pemahaman soal equipment yang dipakai dan teknik mengemudi hingga recovery-nya," ujar Jeje, sapaan akrabnya.

"Misalnya cara pakai strap, winch yang benar, cara menyetir, kontrol emosi persiapan juga penting dan sering disepelekan. Karena jika tidak benar, bisa menyusahkan dan membahayakan mereka sendiri," bebernya.

Menurut pemukim kawasan Cinere itu, sekarang progress dunia offroad di tanah air tumbuh pesat. Anak-anak muda yang pakai mobil 4x4 makin banyak dan beragam.

Baca Juga: Off-Roader Geruduk Julian Johan Jejelogy Weekend Fun Offroad

"Gue sendiri tahun ini lebih concern ikut di adventure offroad, di daerah-daerah, karena gue lagi enggak mengejar prestasi dulu, lagi mau bangun regenerasi pecinta offroad agar makin banyak yang minat," ujar mantan penggeber Jeep tubular 8 silinder di speed offroad itu.

Ia juga berbagi tips untuk pemula yang ingin terjun di dunia offroad. Jeje bilang untuk bisa 'bermain' di trek light-to-medium yang dibutuhkan cukup beberapa tambahan seperti ban tapak kasar (MT), punya gardan 4x4 atau 4-wheel-drive. "Sisanya standar enggak apa-apa kok, cukup," tandasnya.

"Malah kalau kebanyakan pusing mikirin barang ini itu belum terpasang, enggak mulai gas nanti, kapan terjunnya. Gas aja dulu, nanti kurangnya apa, bisa menyusul," tutup Manajer tim balap Rifat Sungkar tersebut.