Apa Sih Bedanya Sunroof, Moonroof, Panoramic Roof?

Apa Sih Bedanya Sunroof, Moonroof, Panoramic Roof? Fitur Sunroof, Moonroof, Panoramic Roof. (Foto: Istimewa)

Mobil-mobil premium keluaran terbaru saat ini hampir semuanya telah dilengkapi dengan tambahan fitur sunroof, moonroof atau panoramic roof.

Namun masih banyak para pengguna mobil belum mengetahui apa sih ketiga hal tersebut? Jika dibedakan dari fungsinya, ketiga perangkat tembahan tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu agar cahaya dan udara segar dapat keluar masuk melalui perangkat tersebut dan fungsi lainnya tentu dapat menjadi media view tampilan diluar mobil.

Fitur Sunroof merupakan panel yang diaplikasikan pada atap mobil. Sementara untuk bahan sunroof sendiri biasanya terbuat dari tempered glass ataupun plat yang dapat dibuka tutup dengan sistem elektrik yang dihubungkan dari panel kemudi di dashborad.

Fitur moonroof sendiri masih perangkat yang sama dengan sunroof namun memiliki sistem kerja yang berbeda. Sunroof bekerja dengan cara terbuka ke atas sedangkan moonroof akan masuk ke dalam atap mobil. Untuk bahan yang digunakan masih sama, yakni mengandalkan tempered glass.

Sedangkan fitur panoramic roof, perangkat ini berbeda dari sunroof dan moonroof. Jika sunroof dan moonroof dapat dibuka, panoramic roof hanya merupakan lapisan kaca yang tidak dapat dibuka dan tutup, ia hanya bersifat lapisan kaca yang berfungsi sebagai sarana masuknya cahaya ke dalam kabin mobil.


Baca Juga: