POPULAR STORIES

April 2017, Gerbang Tol Cibubur Utama Dan Cimanggis Utama Juga Dibongkar

April 2017, Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama Juga Dibongkar Foto: beritatrans.com

Jika sebelumnya pernah diwartakan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan membongkar gerbang tol Karang Tengah pada April 2017, kini muncul kabar akan ada dua gerbang tol lagi yang juga turut dibongkar di bulan yang sama.

Kedua gerbang tol dimaksud itu adalah gerbang tol Cibubur Utama dan gerbang tol Cimanggis Utama. Kedua gerbang tol ini akan dibongkar sebagai bagian dari pemberlakuan integrasi sistem transaksi.

Integrasi sistem transaksi yang bakal diberlakukan akan menjadikan pembayaran yang terkoneksi antar ruas jalan tol. Termasuk pula rencana peningkatan transaksi non tunai yang persentasenya sampai sekarang masih sedikit.

Mengacu data PT Jasa Marga Persero, penetrasi penggunaan uang elektronik di jalan tol tahun 2016 hanya sebesar 24,33% dari seluruh transaksi di jalan tol.

“Jumlah transaksi uang elektronik pada tahun 2016 memang mengalami peningkatan 8,73% dibandingkan tahun 2015. Tapi kami dari pihak Jasa Marga akan terus berusaha untuk meningkatkan transaksi dengan uang elektronik,” jelas AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Persero, Dwimawan Heru Santoso, Jumat (17/3).

“Soalnya secara total, masih terhitung sedikit pemakaian transaksi uang elektronik di jalan tol,” sebutnya lagi.

Saat ini rencana pembongkaran gerbang tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utara sudah dikoordinasikan kepada pengelola jalan tol bersama Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Perhubungan, kepolisian dan dinas- dinas terkait. Tinggal menunggu pelaksanaan pembongkaran saja.