POPULAR STORIES

Aprilia Indonesia Berikan Tips Track Day Di Sirkuit

Aprilia Indonesia Berikan Tips Track Day di Sirkuit tips track day dari Aprilia Indonesia (PID/Kipli)

KabarOto.com - Dalam kegiatan seperti track day, keamanan berkendara di sirkuit tentu menjadi prioritas untuk menjaga keselamatan para pengendara. Maka dari itu, Aprilia berkomitmen untuk memastikan keamanan dari para peserta acara Aprilia Experience di Mandalika International Street Circuit.

Aprilia pun memiliki sejumlah tips berkendara aman di sirkuit untuk pengalaman track day yang lebih maksimal. Simak tipsnya berikut ini:

Pastikan kelengkapan berkendara untuk perlindungan yang maksimal

Kelengkapan berkendara seperti full-face helmet dan racing gear lain saat mengikuti track day sangat penting untuk diperhatikan demi menjaga keselamatan.

Pastikan selalu memakai helm full face yang sudah lulus Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan ukuran sesuai lingkar kepala agar nyaman digunakan, tidak mudah terlepas sepanjang balapan serta memberikan proteksi yang optimal pada kepala.

Baca Juga: Komunitas Aprilia Tuareg Jajal Motornya Di Gunung Bromo

Begitu pula saat memilih racing gear seperti full body gear, sarung tangan yang menutupi pergelangan serta sepatu berkendara yang melindungi sampai bagian mata kaki, sehingga dapat meredam sebagian dampak benturan apabila terjadi dan pastikan sudah memenuhi standar balap yang ditetapkan agar melindungi tubuh dengan maksimal. Perlengkapan balap juga harus dipastikan berada dalam kondisi laik pakai.

Pastikan kondisi motor dalam keadaan prima

Pengendara wajib memastikan motor dalam keadaan prima dan seluruh komponen berfungsi optimal untuk dipacu pada kecepatan tinggi. Sobat juga disarankan untuk menggunakan fitur bawaan motor sebaik-baiknya.

Baca Juga: Aprilia Racing Optimis Dengan Tuareg 660 Di Ajang Balap Tanah Selanjutnya, Ini Komentar Tim

Serta, pastikan pengereman dan daya cengkram yang kuat, untuk memastikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman saat melakukan berbagai manuver di sirkuit.

Memahami aturan lintasan demi keselamatan

Setiap sirkuit memiliki aturan lintasan masing-masing dan mungkin berbeda satu sama lain, termasuk di Mandalika International Street Circuit, jadi pengendara wajib mematuhi ketentuan yang ada untuk memastikan keamanan dan kelancaran track day.

Pada Aprilia Track Day kali ini, setiap sesinya terdiri dari 3 pengendara yang dapat menggunakan track selama 35 menit. Unit yang digunakan pun perlu disesuaikan untuk ketentuan keselamatan berkendara di sirkuit.