POPULAR STORIES

Aprilia RS-GP, Siap Ikut Perebutan Gelar MotoGP 2022

Aprilia RS-GP, Siap Ikut Perebutan Gelar MotoGP 2022 Sumber Foto : Aprilia Racing

KabarOto.com – Pabrikan tim asal Italia, Aprilia resmi meluncurkan motor dan tim mereka secara elegan secara online, Kamis (10/2).

Melakukan peluncuran dengan konsep orkestra, Aprilia Racing memamerkan RS-GP 2022 yang kini lebih didominasi warna hitam. Warna dasar tersebut dikombinasi garis merah-ungu dan putih pada logo Aprilia dan sponsor yang membuat tampilannya lebih elegan.

Warna tersebut tentu sangat berbeda dengan dua musim terakhir. Di mana RS-GP sebelumnya didominasi hitam tetapi dipadukan dengan corak hijau-merah.

Baca Juga : LCR Honda Castrol, Percaya Diri Andalkan Ubahan RC213V

“Kami tahu telah melakukan beberapa pekerjaan besar, mengambil risiko dalam pengembangan motor. Kami tidak sabar turun ke trek. Pada 2022, Aprilia debut sebagai tim pabrikan atau 30 tahun usai kejuaraan dunia yang dimenangi Alex Gramigni,” ungkap Massimo Rivola selaku CEO Aprilia.

Selain motor, kedua pembalap mereka yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales turut menggunakan kemeja putih dan jas hitam mengikuti kesan elegan dari motor RS-GP terbaru.

MotoGP 2022 menjadi titik penting dalam sejarah pabrikan asal Noale itu. Pasalnya, musim ini akan menjadi musim pertama yang menjadi tim pabrikan usai berpisah dengan Gresini yang menjadi induk sejak comeback pada 2015 lalu. Dengan motor baru, Rivola juga berharap bisa tampil kompetitif dan ada peningkatan dari performa kedua pembalapnya.

“Merevisi hampir semua komponen. Kami fokus di area penting. Seperti mesin, di mana ada perubahan besar dari perspektif spesifikasi internal, aerodinamika terus mengalami evolusi, serta struktur motor. Lalu, menggunakan perangkat elektronik terbaru. Kami perlu mengelola akselerasi, pengereman dan pengaturan. Dalam beberapa tahun terakhir, performa kian meningkat,” lanjut Rivola.

Sepertinya ucapan dari sang CEO bukanlah omongan belaka saja, pasalnya di ajang tes pramusim di Sepang, Malaysia, Aleix mampu mencetak waktu tercepat yaitu 1:58,371 detik dan di tempat kedua yaitu Vinales yang terpaut 0,013 detik di hari pertama tes pramusim.

Baca Juga : Pramusim MotoGP Sepang 2022 Hari Pertama: 2 Pembalap Aprilia Tercepat

Memulai musim baru semangat kedua pembalap juga membara agar tampil lebih kompetitif dari musim sebelumnya. “Saya sangat bersemangat. Walaupun kini berusia 32 tahun, saya tetap lapar seperti pembalap muda lainnya,” ungkap Aleix Espargaro.

Usai dilepas tanpa target dalam lima balapan terakhir musim 2021 lalu, pembalap berjulukan Top Gun yakni Maverick Vinales berharap bisa membawa hasil bagus pada musim ini. Dirinya juga mengaku sudah mulai memikirkan untuk meraih podium dan kemenangan bersama Aprilia.

“Aprilia merekrut saya untuk sebuah asalan dan kini siap untuk berjuang. Kami bekerja sangat keras dan akan mecoba meraih target yang dimiliki Aprilia,” tegas Vinales.