POPULAR STORIES

Arus Lalin Di Tol Japek Padat, Contraflow Diberlakukan Hari Ini

Arus Lalin di Tol Japek Padat, Contraflow Diberlakukan Hari Ini Ilustrasi Tol Jakarta-Cikampek (KO/Edo)

KabarOto.com - Memasuki puncak liburan Natal 2019, arus lalu lintas (lalin) di tol dari arah Jakarta menuju ke Cikampek terpantau padat. Akibatnya, PT Jasa Marga selaku pengelola tol Jakarta-Cikampek (Japek) pun memberlakukan contraflow.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya memberlakukan contraflow di KM 47 sampai dengan KM 61 sejak pukul 09.55 WIB.

Baca Juga: 5 Kendaraan Istimewa Koleksi Donald Trump, Ada Motor Lapis Emas Sob!

"Jasa Marga atas diskresi polisi memberlakukan contraflow mulai dari Km 47 sampai dengan Km 61 arah Cikampek sejak pukul 09.55 WIB," ujar Heru dalam keterangannya, Rabu (25/12).

Contraflow untuk menambah kapasitas jalur (TN)

Heru menjelaksan, dengan diberlakukannya contraflow ini, diharapkan dapat menambah kapasitas lajur yang ada, sehingga kepadatan di titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di Km 48 dapat terurai.

Adanya kebijakan contra flow ini, Heru pun menghimbau agar pengendara jalan tol selalu berhati-hati, dalam berkendara serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan," tandasnya.

Baca Juga: Libur Nataru, Warga Yogyakarta Bisa Temukan SPBU Kantong Di Wilayah Ini

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat yang mudik pada masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) untuk tidak kembali pada tanggal 1 Januari 2020.

"Berkaca dari tahun baru 2019, arus balik Nataru itu akan terjadi kemacetan. Maka itu kami ingin masyarakat balik liburan pada tanggal 29 Desember 2019, sehingga masyarakat tidak terjebak macet selama berjam-jam," tutur Budi.