POPULAR STORIES

Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 Jadi Ajang Riset Bagi Mitsubishi Triton

Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 jadi Ajang Riset bagi Mitsubishi Triton Sumber dan Foto: Mitsubishi

KabarOto.com - Pada Maret 2022 lalu, pihak Mitsubishi Motors memperlihatkan unit Triton purwarupa untuk diikut sertakan dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR), akan berlangsung di Thailand.

Ajang yang mirip dengan reli Paris-Dakar tersebut akan berlangsung pada 21 hingga 26 November 2022. Nah, AXCR ini merupakan balapan dengan rute berbagai medan berat, reli lintas alam yang cukup berat menggunakan rute panjang di Asia Tenggara.

Memulai dari Thailand dan berakhir di Vietnam, keikutsertaan Mitsubishi Triton pada ajang reli ini bertujuan merevitalisasi Ralliart, di mana merek ini cukup kuat kaitannya dengan kegiatan motorsport.

Baca juga: Mitsubishi Ralliart Uji Coba Triton Untuk Berlaga Di AXCR 2022

Partisipasi Mitsubishi di AXCR 2022 diprakarsai oleh Ralliart dan Hiroshi Masuoka, Triton sebagai kendaraan double cabin dianggap mewakili sosok kuat Mitsubishi untuk melintasi dua negara. Berbagai medan berat sudah terbukti bagi Triton, selama kiprahnya di Tanah Air.

"Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui durabilitas secara maksimal, supaya kendaraan yang dijual ke masyarakat, bisa dimaksimalkan kekuatan yang dibutuhkan apa. Karena DNA dari Mitsubishi adalah sporty," ujar Intan Vidiasari selaku General Manager of Marketing Communication & PR Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Komitmen Mitsbishi dan Ralliart di motorsport, adalah komitmen besar. Dari hasil keikutsertaannya bisa mendapatkan riset, mewujudkannya menjadi kendaraan versi produksi masal yang lebih baik di masa datang.

Rifat Sungkar mengajak Julian Johan untuk bertindak sebagai technical advisor, pengalamannya di medan off-road bakal banyak manfaatnya. "Karena AXCR 2022 sarat akan medan jalan tanah dan berlumpur layaknya kondisi negara di Asia Pacifik, Julian Johan ini biasa berlaga di medan off-road. Bisa memberikan jalan keluar yang memungkinkan dan ini kesempatan kita juga untuk belajar," ungkap Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia.

Bagi Rifat, ini kesempatan emas untuk belajar banyak. Lomba AXCR belum pernah diikuti, kondisi hutan dan jalan berlumpur. "Julian Johan sebagai technical advisor akan menganalisa, melihat apakah mungkin juga bisa kita terapkan untuk motorsport Indonesia," tambah Rifat Sungkar.

Baca juga: Hajar Batu Tanam Di Huta Tonga, Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar Kehilangan Tenaga

Rifat juga menambahkan, ia siap menghadapi kompetisinya, karena baginya ini adalah tantangan yang diperlukan untuk menambah pengalaman dan belajar lebih luas lagi.

"AXCR ini akan jadi laboratorium alam untuk mengemas kendaraan yang aman dan nyaman," pungkas Intan Vidiasari.