POPULAR STORIES

Aston Martin DBX, Edisi Pertama 500 Unit!

Aston Martin DBX, Edisi Pertama 500 Unit!

KabarOto.com - Sebagai transformasi Rencana Abad Kedua Aston Martin, pada 20 November manufaktur Inggris tersebut memperkenalkan mobil keempat bergenre Sport Utility Vehicle (SUV). Sebagai penanda 106 tahun manufaktur asal Inggris, Aston Martin DBX.

Merupakan SUV pertama yang dibuat oleh Aston Martin mengimbangi gejolak pasar yang berminat pada SUV 'kelas berat' alias super mewah. Agar lebih tepat danc epat diserap oleh pasar, Aston Martin memperkenalkannya di Beijing.

DBX ini memang sudah menjadi perencanaan matang dijual tahun 2020 sejak pengembangan dimulai tahun 2015. DBX ini menjadi era baru bagi Aston Martin dalam mengejar performa, gaya dan serbaguna.

Baca juga: MINI John Cooper Works GP, Lebih Sempurna di Jalan dan Sirkuit

“Saya tidak bisa menegaskan kata lebih tepat betapa DBX sangat menarik dan signifikan bagi Aston Martin. Melalui pengembangannya saja, SUV cantik ini telah membawa perusahaan ke wilayah baru dan ke arah yang inspiratif," ujar Aston Martin Lagonda President & Group CEO, Dr. Andy Palmer.

Dirinya menambahkan, "DBX juga menandai momen penting dalam memijak fase ketiga dan terakhir dari Rencana Abad Kedua kami, tidak hanya mewakili ekspansi portofolio kami yang dijanjikan, tetapi juga menandakan dimulainya produksi di pabrik manufaktur kedua Aston Martin."

Bobot DBX mencapai 2.245 kg, terbilang ringan di kelasnya. Para desainer mengoptimalkan material alumunium pada konstruksi bodi yang umum digunakan pada sports car buatannya. Dikemas dengan dimensi panjang 5.039 mm, tinggi 1.998 mm, lebar termasuk spion 2.220 mm dan tinggi 1.680 mm. Adapun jarak sumburoda 3.060 mm.

Peranti suspensi terbilang canggih untuk DBX yakni Adaptive triple volume air suspension dikombinasikan dengan 48v electric anti-roll control system (eARC) dan Electronic Adaptive Damper. Peranti tersebut membuat DBX tetap nyaman lalui berbagai kondisi jalan.

Perihal mesin yang juga digunakan oleh DB11 dan Vantage, untuk DBX konfigurasi V8, 4.0L disokong twin-turbo diklaim mampu hadirkan 542 dk dan torsinya 700 Nm. Tak perlu takut akan boros, karena sudah adaptasi cylinder deactivation sehingga bisa lebih irit. Akselerasi 0-100 kpj hanya perlukan waktu 4,5 detik dan kecepatan tertingginya 290 kpj.

Seluruh tenaga dan torsi disalurkan ke sistem gerak empat roda melalui transmisi otomatis sembilan percepatan. Agar sesuai pengharapan memakai active differential dan electronic rear limited slip differential (eDiff).

Konfigurasi duduk di dalam kabin disiapkan untuk lima orang saja. Pasa desainer Aston Martin menterjemahkan semua kebutuhan secara praktis. Termasuk ruang bagasi menyediakan 632 liter dan lipat jok belakang 40:20:40, semakin menyediakan bagasi lebih luas.

Selama perjalanan tak akan menjemukan, sambil menyandarkan kepala melihat langit penuh bintang melalui atap kaca panoramic dan pintu frameless. Ditambah lagi pencahayaan 64 warna di dua zona membuat penumpang depan dan belakang lebih betah.

Informasi di konsol tengah didapat melalui layar TFT 10,25 inci, sementara layar TFT berukuran 12,3 inci berbagai informasi dan dpat terkoneksi Apple CarPlay serta terbubung dengan kamera 360 derajat.

Bagi peminat 500 pertama ada sentuhan eksklusif "1913 package". Gunakan fender badge unik, sil plakat dan plakat detail nomor produksi dan diinspeksi langsung oleh Aston Martin CEO Andy Palmer. Disuguhkan pula tanda tangan Andy Palmer and Chief Creative Officer Marek Reichman.

Harganya cukup luar biasa, di Inggris bisa ditebus mulai dari £158.000 atau setara Rp 2,8 miliar.