POPULAR STORIES

MINI John Cooper Works GP, Lebih Sempurna Di Jalan Dan Sirkuit

MINI John Cooper Works GP, Lebih Sempurna di Jalan dan Sirkuit MINI

KabarOto.com - Ini dia, paling ditunggu oleh penggemar kecepatan di jalan raya dan dibawa akhir pekan ke sirkuit, MINI John Cooper Works GP terbaru. Mesin 4 silinder turbocharger diklaim suguhkan tenaga 306 dk dan torsi 450 Nm.

Yup, bila dibandingkan dengan edisi MINI John Cooper Works standar ada tambahan 75 dk. Pastinya akselerasi kian cepat, 0-100 kpj diklaim hanya perlu waktu 5,2 detik dengan kecepatan tertinggi tanpa dibatasi 265 kpj.

Baca juga: Mazda Eunos Cosmo Mobil dengan GPS Pertama di Dunia

MINI John Cooper Works GP terbaru ini memang difokuskan pada performa mesin 2.0L berteknologi TwinPower Turbo. Torsi 450 Nm sudah bisa terkail sejak 1.750 rpm dan tetap bertahan hingga 4.500 rpm. Adapun tenaga 306 dk sudah tersedia sejak 5.000-6.250 rpm.

Bicarakan transmisinya, dikabarkan bahwa disiapkan dari pengalaman di lintasan balap yakni 8-speed Steptronic terintegrasi dengan differentianl lock. Meski ada kenaikan performa, efisiensi tetap dijaga dan emisi juga sudah standar Euro 6d-TEMP.

Rahasia meningkatnya performa adalah diperkuatnya crankshaft dengan diameter bearing lebih besar, piston diperkuat, bushless connecting rod dan peredam getaran torsi serta mengoptimalkan pendingingan mesin.

Selain pada bagian mesin, turbocharger juga alami penyempurnaan, pada katup pasokan udara agar lebih responsif. Rasio kompresi di ruang bakar juga disetel ulang, dari sebelumnya mencapai 10,2:1 kini hanya 9,5:1, sejalan dengan meningkatkan tekanan. Lubang pasokan udara juga alami pengembangan.

Tahapan berikutnya adalah terkonsentrasi di injektor yang lebih banyak lubangnya dan semburannya dipusatkan di tengah di antara katup, sehingga alirannya bisa langsung. Oh iya, tekanan injektor mencapai 350 bar.

Dalam hal pendinginan mesin ketika dibawa ekstem oleh pengendaranya, pompa oli telah disempurnakan dengan meningkatkan volume dan memposisikan geometrinya. Pastinya pasokan oli tak terhenti meski putaran mesin tinggi saat kendaraan menikung dan akselerasi.

Postur MINI John Cooper Works GP terlihat mantap dengan ukuran pelek 18 inci berbalut ban 225/35 R18. Panel overfender bermaterial khusus dari carbon fibre-reinforced plastic (CFRP).

Bagi para penggemar kecepatan, MINI John Cooper Works GP bisa menjadi koleksi terbaik di garasi. Tentunya menjadi kebanggaan, karena dipasarkan secara global hanya akan diproduksi 3.000 unit saja!