Mazda Eunos Cosmo Mobil Dengan GPS Pertama Di Dunia

Mazda Eunos Cosmo Mobil dengan GPS Pertama di Dunia Sumber : Mazda.com

KabarOto.com – Teknologi mobil pada zaman sekarang memang begitu canggih, tidak hanya untuk meningkatkan keselamatan berkendara, namun juga membantu jika si pengemudi mengalami kesulitan.

Salah satu fitur paling dibutuhkan di mobil sekarang adalah GPS. Karena banyak orang yang berpergian ke tempat baru, bisa mencari informasi arah jalan melalui GPS.

Varian mesin 20B mendapat tampilan pelek lebih sporty.

Saat ini, biasanya menggunakan perangkat tambahan bahkan kini bisa hanya menggunakan telpon genggam.

Karena GPS tidak bisa ditampilkan pada layar headunit, atau jika headunit sudah bisa support ke telpon genggam tampilan GPS dapat langsung pada layar, sehingga mempermudah pengemudi melihat arah.

Baca Juga : Buick Riviera Mobil Berfitur Layar Sentuh Pertama Di Dunia

Tetapi apa kalian tahu? Jauh sebelum sistem canggih GPS sekarang, ada mobil yang pertama kali mengusung teknologi GPS ini.

Jika kalian menebak mobil mewah Eropa seperti BMW, Audi, atau Mercedes-Benz, kalian salah nih. Karena mobil pertama kali mengusung GPS ada Mazda Eunos Cosmo.

Versi 13B mengusung tema pelek lebih elegan.

Pasti kalian jarang mendengar namanya yah, mobil tersebut mulai diproduksi sejak 1990 hingga masa akhirnya di 1996. Mengusung bodi coupe Grand Tourer, tetapi sekilas jika kita lihat lekukannya lebih mirip Toyota Soarer generasi 3 yah, tapi lampu mirip Nissan Silvia S13.

Baca Juga : Ini Dia Mobil Paling Kecil Di Dunia

Mobil ini punya segudang fitur canggih pada zamannya, bahkan jika kita bandingkan dengan mobil sekarang mungkin lebih canggih Eunos Cosmo.

Dinamakan CCS atau Car Control System, fitur headunit layar sentuh ini sudah begitu banyak didalamnya, salah satunya adalah GPS.

Antena dari GPSnya terletak tersembunyi pada bagian atas mobil, memiliki tingkat akurat hingga jarak 45 meter menurut klaim pihak Mazda.

Tidak hanya itu, ternyata didalamnya ada fitur lain nih untuk memonitor dan mengatur rem ABS, telpon mobil, CD player, pengaturan AC, bahkan TV loh sob.

Masih kurang canggih? Ada fitur semacam Sport Mode lagi nih dengan tombol NRM/PWR, cara kerjanya sendiri ialah menahan perpindahan gigi pada rpm lebih tinggi, dan klaim Mazda ini merupakan teknologi pertama di dunia.

Eunos Cosmo memiliki 2 pilihan mesin yakni 13B-RE dan 20B-REW, uniknya ini merupakan mobil pertama yang mendapatkan sokongan twin sequential turbo, sehingga diklaim mampu meminimalisir gejala turbo lag.

Soal tenaga, mesin berkapasitas 1.300 cc ini menghasilkan tenaga sebesar 235 dk, sementara mesin berkapasitas 2.000 cc mampu menelurkan tenaga sebesar 300 dk dan torsi maksimum 403 Nm.

Untuk transmisinya menggunakan model otomatis, dengan 4 percepatan.

Selama masa penjualannya yang berumur kurang lebih 6 tahun tersebut, Eunos Cosmo berhasil terjual sekitar 8.875 unit, hasil total dari 2 pilihan mesin.

Walau menjadi inovasi baru, tapi mobil ini dinilai keluar pada waktu yang salah karena hadir ketika masa krisis ekonomi.

Oh iya, mobil ini juga sempat ikut peran dalam gim Gran Turismo 2, dan Wangan Midnight: Maximum Tune 1 hingga 5 loh.