Ini Dia Mobil Paling Kecil Di Dunia

Ini Dia Mobil Paling Kecil di Dunia Sumber : P50Cars.com

KabarOto.com – Mobil pada umumnya sengaja dibuat untuk mengangkut penumpang lebih dari 1 orang. Selain itu bisa untuk mengangkut barang cukup banyak jika dibandingkan dengan motor. Tapi bagaimana kalau ada mobil yang hanya muat 1 orang?

Ternyata ada nih mobil yang hanya bisa mengangkut 1 orang saja, namanya Peel P50. Mobil ini dirancang oleh Cyrill Cannell, sebenarnya P50 sudah ada sejak 1960-an pertama kali dipamerkan pada ajang Earl’s Court Motor Show, sampai akhirnya dibuat ulang tahun 2011 sampai sekarang.

Bagi yang belum tahu Peel, Peel Engineering merupakan perusahaan bergerak dalam memproduksi GRP (Glass Reinforce Plastic), bahan ini biasanya digunakan dalam pembuatan body kapal boat, lalu fairing motor seperti Norton dan BMW, nah buat pemilik motor BMW siapa tahu fairing motor kamu buatan Peel nih.

Baca Juga : Mengulas Sejarah Singkat Daihatsu Sirion Di Indonesia

Lanjut membahas P50, keunikkan mobil ini ialah dibuat secara hand made di Inggris. Dan bukannya untuk main-main saja, namun P50 adalah mobil legal dipakai di jalan raya, loh. Serta sudah mendapat sertifikat dari Guinness Wolrd Records sebagai mobil paling kecil di dunia.

Varian atap terbuka.

P50 punya body super kecil hanya seperti telur dan punya 3 buah roda, 2 di depan dan 1 belakang. Dimensi dari mobil ini adalah panjang 1.370 mm, lebar 1.040, dan tinggi 1.200 mm. Ground clearance-nya mencapai 127 mm, dengan bobot total 105 kg bahkan bagian belakang terdapat gagang untuk kita menggangkatnya, loh.

Dari desainnya bisa dibilang mobil ini mirip Minion yah, karena bentuknya lonjong membulat dan hanya punya 1 buah lampu utama bulat seperti mata. Standar kelengkapan berkendara juga cukup lengkap sob, jendela ada pada 4 sisi, wiper bagian depan, lampu sein, lampu rem, serta spion lengkap kok. Dan uniknya lagi, pintu hanya ada di bagian kiri.

Bubble top yang bisa mengangkut 2 penumpang.

Masuk ke interiornya, untuk yang berbadan besar pastinya akan sulit mengendarai ini, sebab ruang kabin terlihat sangat sempit. Hanya terdapat jok dan setir saja, dan jangan harap ada tape, radio, tv dan sebagainya yah sob, sebab bergerak saja sudah butuh afford lebih nih sepertinya.

Baca Juga : AE86 Andalan Milik Takumi Fujiwara Pada Initial D

Terdapat 4 buah model P50, dengan perbedaan pada mesin dan body. Versi paling standar 1 penumpang dengan atap, lalu 1 penumpang atap terbuka, varian 2 penumpang bubble top. Jadi ada model baru muat 2 penumpang depan belakang penutup full kaca, serta 2 penumpang 4 roda.

Ini yang didapat ketika merakit sendiri.

Keunikkan lain yang ditawarkan Peel adalah, kita bisa beli dalam bentuk terpisah, sobat KabarOto. Jadi harus merakit semuanya sendiri. Seperti pasang mesin, lampu, ban dan lainnya semua bebas sang pemilik. Tentu harga jauh lebih ketimbang beli keadaan terakit utuh.

Soal mesinnya terdapat 5 pilihan mesin yakni, 50 cc bensin SOHC, dan mampu menempuh kecepatan sampai 45 kpj. Versi sedikit lebih kencang adalah 75 cc, dengan top speed 65 kpj. Dan mesin bensin paling besarnya adalah 125 cc, hingga 80 kpj. Varian edisi terbatas DKW dibekali mesin 2 tak, 49 cc dengan kecepatan maksimal 59 kpj. Bagi yang tidak mau repot isi bensin ada mesin listrik nih, mampu mencapai kecepatan 50 kpj dengan jarak tempuh 80 km.

Soal harganya, Peel P50 ini dibanderol sekitar Rp 100 hingga Rp 270 jutaan untuk varian paling mahalnya. Bagaimana, tertarik punya mobil ini?

Berita Terkait

Berita Terkait